Press "Enter" to skip to content

Artis Iran boikot Penobatan Oscar Februari nanti

Taraneh Alidoosti, nominator Oscar untuk film ‘The Salesman’ melakukan boikot sebagai protes terhadap Presiden Trum yang melarang imigran Muslim masuk AS. The New York Times mengabarkan Kamis (26/1/2017), aksi boikot itu disampaikan lewat cuitan Twitternya yang berbunyi: ‘’Pelarangan visa bagi warga Iran adalah tindakan rasis. Saya tidak akan menghadiri Academy Award 2017, sebagai protes, walaupun acara itu merupakan acara budaya atau bukan’’,’’ tulis aktris Iran berusia 33 tahun itu.

 

Dalam wawancara via email, Alidoosti menyatakan tidak akan menghadiri upacara pemberian Oscar 26 Februari mendatang. ‘’Saya memutuskan tidak hadir walaupun saya bisa, karena saya sakit hati melihat warga sipil dari Iran ditolak masuk ke AS walaupun mereka punya hak menyekolahkan anak-anak mereka ke luar negeri,’’ tulis Alidoosti.

Aktris Iran itu juga tidak membicarakan keputusannya dengan Asghar Farhadi, sutradara film ‘The Salesman’. ‘’Biasanya Asghar Farhadi hanya membawa aktornya saja untuk menghadiri beberapa penghargaan di luar negeri. Termasuk di Festival Film Cannes, saat ‘The Salesman’ mendapat perhatian sangat besar dari kritikus film dunia,’’ tulisnya.

 

Film The Salesman yang dibintangi Taraneh Alidoosti bercerita tentang dua pasangan suami istri. Gaya hidup mereka berubah, setelah pindah apartemen dan menonton film ‘The Death of a Salesman’ karya sutradara Arthur Miller. Film The Salesman yang digarap sutradara Asghar Farhadi dinominasikan meraih piala Oscar sebagai film terbaik untuk kategori film berbahasa asing.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *