Press "Enter" to skip to content

Pentagon borong 90 jet tempur F-35 dengan harga miring

Departemen pertahanan AS bersedia membeli 90 jet tempur F-35 dari produsen pesawat Lockheed Martin bernilai total $ 8,5 miliar.

CNBC menggungkapkan, kesepakatan jual beli itu diumumkan kedua pihak Jumat (3/2/2017). Dalam pernyataan resminya Lockheed Martin menjelaskan, ‘’Presiden Donald Trump terlibat langsung untuk melancarkan negosiasi ini sehingga kami dapat menurunkan harga pesawat lebih rendah,’’ bunyi pernyataan itu.

 

Memang, transaksi jual beli pesawat tempur kali ini mencapai harga terendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya, sebuah pesawat jet dihargai $ 95 juta, lebih murah dibandingkan $ 102 juta per pesawat beberapa tahun lampau, sehingga Pemerintah Trump berhasil menghemat $ 728 juta. Bahkan lebih rendah dari perkiraan Presiden Trump yang bisa melakukan penghematan sebesar $ 600 juta.

‘’Naiknya jumlah pesawat yang dipesan pemerintah AS, membuat kami dapat menghemat biaya produksi,’’ bunyi pernyataan Lockheed Martin. Menurut Letnan Jenderal Chris Bogdan, kepala program F-35 di Pentagon, biaya pembuatan pesawat konvensional F-35 merosot sampai 7,3 persen. Perushaan produsen pesawat AS itu, mengembangkan jet tempur F-35 bersama 10 mitra kerjanya.

 

Versi F-35 terdiri dari tiga jenis. Model A digunakan oleh angkatan udara AS dan Sekutu AS, kemudian model F-35 B yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal, khusus dibuat untuk pasukan marinir dan angkatan laut Inggris. Dan ketiga adalah pesawat angkut F-35 jet untuk angkatan laut AS.

Kementerian pertahanan AS diperkirakan akan menghabiskan dana $ 391 miliar dalam dekade mendatang untuk mengembangkan dan membeli 2.443 buah pesawat tempur supersonik berkecepatan sangat tinggi.

5 Comments

  1. Hello! I’ve been reading your website for a while now
    and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from
    New Caney Texas! Just wanted to mention keep up the excellent
    job!

  2. Apotek sælger medicin Apotek sælger medicin April 16, 2024

    What’s up, this weekend is pleasant in favor of me, since this occasion i am reading
    this great informative post here at my house.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.