Press "Enter" to skip to content

Nick Ut, fotografer peraih Pulitzer itu mengundurkan diri

Nick Ut, fotografer Vietnam yang meraih Pulitzer atas karyanya ‘The Napalm Girl’ secara resmi pensiun dari tempat kerjanya, Kantor Berita Associated Press.

Petapixel.com mengabarkan Rabu (15/3/2017), Nick Ut yang kini berusia 65 tahun, menyatakan diri pensiun, menjadi jurufoto kantor berita terkenal dari AS itu. Setelah berkiprah selama 51 tahun, Nick Ut dikenal sebagai jurufoto andalan yang karyanya banyak menghiasi majalah dan harian dunia.

 

Di antaranya, foto O.J. Simpson – pemain sepakbola AS yang bebas dari tuduhan membunuh istrinya – bersama pengacaranya di ruang sidang. Juga foto penyanyi Michael Jackson yang berdiri di atas mobil Limousine sambil melambaikan tangan ke penggemarnya, setelah didakwa melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah bocah ingusan. Dan, tentu saja foto seorang bocah Vietnam yang telanjang, menangis dan berlari dengan latar belakang bom Napalm, sehingga diberi judul ‘The Napalm Girl’.

Hasil jepretannya yang diterbitkan pada tahun 1962 itu, menjadikan Nick Ut sebagai pemenang Pulitzer. Foto itu sekaligus menggambarkan pula keberanian Nick Ut menyelamatkan hidup anak muda Phan Thin Kim Phuc, korban bom Napalm itu. Di samping berhasil merekam adegan mengerikan itu lewat kameranya, Nick Ut juga mengalami luka-luka. Wartawan foto yang oleh rekan-rekan wartawan lainnya dikenal ramah itu tetap mempertahankan reputasinya sebagai juru foto. ‘’Bagiku, kamera seperti obat atau dokter. Saya akan memotret dan mengambil gambar sampai tiba waktuku,’’ kata Nick Ut dalam sebuah wawancara.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *