Press "Enter" to skip to content

Penyanyi Mesir diadili karena hina Sungai Nil

Sherine Abdel-Wahab, penyanyi wanita Mesir yang namanya ngetop dihadapkan ke depan pengadilan, karena mengeluarkan kata-kata yang dianggap menghina Sungai Nil.

The New York Times mengabarkan Rabu (15/11/2017), dalam video yang beredar di linimasa, Sherine memperingatkan penggemarnya agar tidak minum air Sungai Nil, karena bakal jatuh sakit. ‘’Lebih baik kalian minum air mineral Evian,’’ kata Sherine menyebutkan salah satu merk air mineral dari Prancis itu.

Microsoft Canada

Peristiwa itu terjadi saat Sherine Abdel-Wahab diminta seorang penggemarnya menyanyikan lagu ‘’Have You Drunk from The Nile’’. Penyanyi perempuan berusia 37 tahun itu bukannya menyanyi malah memperingatkan minum air Sungai Nil membahayakan tubuh. ‘’Kalian bisa terjangkit bilharzia,’’ kata Sherine menyebut penyakit menular yang disebarkan parasit cacing dan kini tengah dibasmi Pemerintah Mesir.

Meski Sherine minta maaf, namun serikat musikus Mesir menyatakan melarang Sherine tampil di Mesir. Kantor kejaksaan Mesir juga menuntut Sherine yang kondang di Mesir dan negara-negara Arab itu dihadapkan ke pengadilan pada 23 Desember nanti. Tuduhan yang dijatuhkan Sherine, salah satu juri ‘The Voice’ versi Arab itu adalah melakukan penghinaan dan mengancam kepentingan masyarakat. Apalagi, Mesir khawatir tidak kebagian air Sungai Nil akibat pembangunan bendungan oleh Ethiopia. Sungai Nil pun menjadi isu politik yang sensitif.

Dalam permintaan maafnya, Sherine Abdel Wahab mengungkapkan bahwa video itu adalah rekaman setahun lalu dalam sebuah konser di Uni Emirat Arab, UAE. ‘’Allah tahu betapa besar kecintaan dan loyalitas saya pada Mesir,’’ katanya.

Sherine Abdel-Wahab bukan artis pertama yang berurusan dengan hukum Mesir. Tahun 2016, seorang penari perut divonis penjara 6 bulan karena mengenakan kostum bendera Mesir. Seorang komedian juga dihukum karena menyebarkan balon dari kondom pada polisi yang berjaga-jaga di Tahir Square. September lalu, Mashorou’ Leila, penyanyi sebuah band Lebanon ditangkap karena mengaku di depan umum bahwa ia adalah seorang gay.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *