Press "Enter" to skip to content

Jenderal Zhang Yang Gantung Diri karena Korupsi

Jenderal Zhang Yang diberitakan gantung diri di rumahnya di Beijing pekan lalu, karena terlibat korupsi bersama dua pejabat tinggi militer China.

Seperti diberitakan harian The South China Morning Post Selasa (28/11/2017), ‘’Zhang Yang diketemukan tewas gantung diri di rumahnya di Beijing,’’ tulis berita tersebut. Berita kematian Zhang, bekas kepala Komisi Militer Sentral, tersebut disampaikan kepada seluruh komandan Tentara Pembebasan Rakyat China. Kantor berita Xinhua menyebutkan, Zhang melakukan pelanggaran disiplin serius dari euphoria korupsi di China.

Wartawan NPR News, Rob Schmitz melaporkan dari Shanghai bahwa ‘’Sejak dua bulan lalu, Jenderal Zhang tidak lagi tampil di depan umum,’’ tulisnya. Hal itu terjadi pada saat upaya pemberantasan korupsi di tubuh militer mulai dilancarkan Presiden Xi Jinping.

Sementara itu, Harian The Financial Times mengabarkan, Jenderal Zhang tidak masuk dalam daftar anggota militer yang menghadiri Kongres Partai Komunis China, Oktober lalu. ‘’Zhang adalah satu dari dua pejabat tinggi militer yang tengah diinvestigasi karena diduga melanggar disiplin partai,’’ bunyi laporan Sing Tao Daily dari Hong Kong.

Jenderal Zhang dikenal dekat dengan Jenderal Xu Caihou, bekas kepala departemen politik angkatan bersenjata China. Zhang juga dikenal dekat dengan Jenderal Guo Boxiong, bekas wakil ketua Komisi Sentral Militer, CMC. Jenderal Xu dan Guo diperiksa badan pemberantas korupsi yang dibentuk Presiden Xi Jinping.

Guo terbukti menerima suap dalam jumlah besar, dan menggunakan posisinya untuk mempromosikan pejabat militer lainnya. Sedangkan Jenderal Xu yang dijatuhi hukuman seumur hidup pada 2016, akhirnya mati karena kanker sebelum dijebloskan ke penjara.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.