Press "Enter" to skip to content

Trump Sarankan AS Bikin Jaringan Berita Dunia Untuk Imbangi CNN

Presiden Donald Trump menyarankan agar AS mendirikan ”Jaringan Berita Dunia” guna melawan berita-berita yang dinilainya tidak seimbang, seperti jaringan berita televisi CNN.

”CNN menyiarkan berita yang sangat berpengaruh tentang AS secara tidak fair ke seluruh dunia,” tulis Trump lewat akun Twitternya. ”Dan hal itu dilakukan secara keliru. Karena itu, kita harus bertindak. Termasuk di antaranya kemungkinan memiliki Jaringan Berita Dunia, untuk menunjukkan pada dunia bahwa AS benar-benar maju dan hebat,” lanjutnya.

Pemerintah AS, kini memiliki Voice of America, jaringan siaran radio internasional yang juga menyiarkan berita-berita lewat televisi. Pada tahun 2017 lalu, Kongres menghapus dewan direksi VOA, dan menggantinya dengan seorang CEO yang ditunjuk langsung oleh Presiden AS.

Belakangan ini, Presiden Trump bersitegang dengan awak media lokal, termasuk CNN. Gedung Putih mengaktifkan kembali izin liputan Jim Acosta, seorang wartawan CNN, yang sempat dibekukan akibat bersilang pendapat dalam konperensi pers tentang kedatangan para peminta suaka politik dari Honduras. (DP).