Press "Enter" to skip to content

Facebook Bakal Tanam Investasi $ 300 juta pada Media-media Lokal

Facebook berencana melakukan investasi lumayan besar bagi media lokal dalam kurun tiga tahun ke depan. Sekitar $ 300 juta di antaranya ditanamkan ke beberapa organisasi media dan kelompok inisiatif lokal.

Selain mendanai sejumlah program dengan sejumlah stasiun televisi raksasa seperti CNN dan Fox News, perusahaan media sosial Facebook juga akan memainkan peranannya di sejumlah industri media dan penerbit digital lokal.

Alasannya, kini banyak warganet yang lebih tertarik pada berita-berita lokal. ”Kesimpulan itu kami dapatkan setelah melihat kecenderungan berita apa saja yang menarik pengguna Facebook,” tutur Campbell Brown, Wakil Presiden Global News Partnerships di Facebook. ”Cuma ada satu jawaban yang paling konsisten: Mereka ingin menikmati berita-berita lokal. Sehingga, kabar berita lokal membutuhkan lebih banyak dukungan lagi,” sambungnya.

Brown menambahkan, ada dua jenis investasi yang hendak ditanamkan Facebook. Pertama, mendukung para wartawan; dan Kedua, meningkatkan kinerja jajaran redaksi, dalam proses mendapatkan berita. Untuk itu, mereka telah membantu dan membangun model bisnis yang mampu bertahan lama.

Di antara badan dan organisasi yang mendapat bantuan investasi antara lain:
– Bantuan $ 5 juta kepada Pulitzer Center yang meluncurkan ‘Bringing Stories Home’, sebuah model pengumpulan berita yang meliput dampak berita-berita komunitas.
– Juga bantuan $ 2 juta bagi ‘Report for America’, sebuah inisiatif 1000 wartawan lokal di seluruh AS dalam lima tahun mendatang.
– Investasi $ 1 juta bagi Local Media Association dan Local Media Consortium, untuk membantu lebih dari 2 ribu anggota redaksi meningkatkan content-content yang telah dikenal di Facebook.

– Dana $ 6 juta bagi Community News Project yang bekerjasama dengan para penerbit Inggris untuk merekrut sejumlah wartawan komunitas dan menempatkan mereka di jajaran redaksi media lokal selama dua tahun.
– Dan, menanamkan investasi $ 20 juta untuk memperluas Program Accelator Facebook untuk membantu para penerbit lokal agar dapat menjaring lebih banyak anggota dan pelanggan.

”Kami merasa bangga dengan komitmen yang dilakukan Facebook, untuk menghadapi tantangan dewasa ini. Khususnya di kota-kota kecil agar pemberitaan lokal bisa lebih sukses dengan model-model laporan komunitas setempat,” tutur Jon Sawyer, direktur eksekutif dan pendiri Pulitzer Center. (DP).