Press "Enter" to skip to content

Umat Muslim Bisa Sholat Idul Fitri di Lapangan Parkir IKEA Jerman Barat

Sekitar 800 umat Muslim di Jerman menghadiri Sholat Idul Fitri 1441 H yang digelar di halaman parkir IKEA di Kota Wetzlar, Jerman Barat, hari Minggu 24 Mei 2020. Suasana sholat Idul Fitri dan gema takbir diunggah di sejumlah media sosial, diiringi ucap syukur kepada para saudara mereka di Jerman, yang bisa merayakan Sholat Ied bersama.

Hal itu tak terlepas dari upaya Kadir Terzi, imam Masjid Wetzler yang melakukan pendekatan kepada pihak IKEA sejak beberapa pekan lalu. ”Pada mulanya, saya tidak banyak berharap,” tutur Kadir Terzi kepada BBC. ”Namun, alhamdulilah, pihak manajer IKEA menyetujui permintaan kami, tanpa ragu,” tutur Kadir Terzi.

 

Sholat Ied secara berjamaah, yang tak dapat dibayangkan bakal bisa digelar di tengah pandemi COVID-19 itu akhirnya terlaksana. Dengan ketentuan yang sesuai dengan sejumlah pembatasan keamanan dan kesehatan umat Muslim dan penduduk Wetzler. Setiap jamaah harus menerapkan sistem sosial distancing. Mereka juga diwajibkan mengenakan masker dan anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak diperkenankan menghadiri sholat tersebut.

”Kali ini benar-benar bulan Ramadhan yang berbeda. Kami tidak oleh saling bersentuhan, tanpa beranjang sana atau bersalaman, bahkan kami tidak boleh berbuka bersama,” tutur Kadir Terzi kepada BBC.

Sholat Ied tahun 1441 Hijriah ini, mengundang pujian dan kekaguman dari berbagai belahan dunia. Carly Cargo, seorang wartawan Canada mengunggah ucapan selamatnya di Twitter: Ini merupakan Rasa Cinta dan Kebaikan yang dibutuhkan dunia dewasa ini,” tulisnya.

Sementara, pemilik akun Twitter yang lain mengungkapkan bahwa Sholat Ied yang digelar di halaman parkir IKEA itu, merupakan niat kebajikan. Dan tanda-tanda harapan di tengah kesulitan saat ini. Komentar lain mengatakan, ”Hal ini merupakan solusi bersama, dan hidup bersama di tengah krisis seperti ini,” tulisnya.

 

Decak kekaguman itu dipahami, mengingat sejak pandemi COVID-19 sholat berjamaah dilarang di seluruh dunia. Bahkan Pemerintah Arab Saudi menutup Masjid Agung Al Haram sejak April silam, selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. (DP/BBC)