Press "Enter" to skip to content

Presiden Trump dan Melania Hadiri Pesta Kembang Api di Rushmore National Memorial

Presiden Donald Trump dan Melania Trump akan menyaksikan pesta kembang api di Mount Rushmore National Memorial, South Dakota, Jumat 3 Juli 2020. Pesta kembang api menyambut Hari Kemerdekaan AS ke-244 itu, menurut situs TMZ, menghabiskan dana hampir $ 600 ribu atau sekitar Rp 8,4 miliar.

Pengeluaran sebanyak itu, antara lain digunakan untuk membayar Ero Resources Corporation, perusahaan konsultan lingkungan sebesar $ 138 ribu. Selain itu untuk membayar perusahaan konsultan soal ijin dan lainnya enilai $ $ 30 ribu dan perusahaan keamanan lain sebesar $ 33 ribu.

Bahkan konsultan Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional juga kebagian $ 30 ribu, dan pembuatan toilet sebesar $ 3.500. Juga, tentu saja untuk membayar perusahaan kembang api Pyro Spectaculars, yang dipercaya menggelar pesta kembang api, senilai $ 350 ribu. Belum lagi membiayai sejumlah pesawat terbang yang terbang di angkasa.

Perayaan 3 Juli itu merupakan acara pertama yang digelar di South Dakota. Sejak 2009 taman nasional itu ditutup karena isu-isu lingkungan.

Taman Nasional Mount Rushmore berisi empat wajah presiden AS yang ditatah di Bukit Black Hills, Keystone, South Dakota. Pematung Gutzon Borglum mengukir wajah empat presiden AS di bukit itu mulai tahun 1927 hingga 1941. Keempat wajah pemimpin AS itu adalah Presiden George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Rossevelt dan Abraham Lincoln. Masing-masing memiliki ketinggian 18 meter.

Di tengah ramainya Gerakan Black Lives Matter, bintang film Whoopi Goldberg mengusulkan agar satu patung ditambah di Bukit Black Hills. ”Mungkin wajah seorang penduduk asli Benua Amerika,” katanya. Suku bangsa Indian maksudnya. Selain itu, sekelompok warga Indian dijadualkan akan menggelar protes di depan Taman Nasional Mount Rushmore. (DP)