Press "Enter" to skip to content

Kamala Harris, Kandidat Wapres Demokrat Berdarah India

Ibunya bernama Shyamala Gopalan, seorang ilmuwan dari India yang hijrah ke AS tahun 1960, untuk meraih gelar ahli endokrinologi di University of California Berkeley. Sedangkan ayahnya adalah Donald Harris, profesor ekonomi dari Stanford University yang hijrah dari British Jamaica tahun 1961 untuk meneruskan kuliah bidang ekonomi di UC Berkeley.

 

Mereka adalah orang tua Kamala Harris yang diangkat sebagai calon presiden oleh Joe Biden, kandidat presiden dari Partai Demokrat. Kamala Harris yang dilahirkan dengan nama Kamala Devi, di Oakland, California, 20 Oktober 1964 itu, dibesarkan di komunitas hitam Gereja Baptist dan Kuil Hindu. Ia juga sering mudik ke Madras, India menengok familinya.

Saat berusia 12 tahun, Kamala dan pindah ke Montreal, Canada saat ibunya menjadi periset di Jewish General Hospital. Kamala pun jadi pelajar kondang di SLTA Westmount, Quebec, Canada.

Lulusan Howard University, Washington DC bidang studi ilmu politik dan ekonomi, Kemala menjadi mahasiswi paruh waktu di kantor Senator Alan Cranston. Ia kemudian melanjutkan pendidikan dan meraih gelar Juris Doctor dari University of California, Hastings College of the Law di San Francisco. Selanjutnya ia menduduki sejumlah posisi sebagai jaksa dan hampir menjadi Jaksa Agung di California tahun 2010, tapi kemudian terpilih pada 2014.

Tahun 2016 Kamala terpilih sebagai senator, yang dikenal sebagai pendukung healthcare, dan langkah-langkah para imigran nondokumen menjadi warganegara AS. Tentu saja Kamala pendukung Akta DACA. Ia pernah mencalonkan diri sebagai kandidat presiden pada 2020, tapi gagal karena kekurangan dana. Baru pada 11 Agustus 2020 lalu, Kamala diminta mendampingi Joe Biden, kandidaat presiden Partai Demokrat, sebagai calon Wapres AS. (DP).

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *