Press "Enter" to skip to content

Patung Jenderal Sudirman di Depan Kementerian Pertahanan Jepang, Tokyo

Ada patung Panglima Besar RI Jenderal Sudirman di Tokyo Jepang. Patung tersebut bukan di tepi jalan atau di tengah-tengah taman, atau Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, melainkan berada di halaman kantor Kementerian Pertahanan Jepang.

 

Patung terbuat dari perunggu setinggi empat meter itu, menggambarkan sosok Jenderal Soedirman lengkap dengan berpeci, berbusana militer khas PETA (Pembela Tanah Air), serta sepatu boot setinggi lutut. Memang, sebelum menjadi panglima besar TNI, Jenderal Sudirman meniti karier kemiliterannya di Pusat Pendidikan Kyodo Boei Gyugun atau PETA di Bogor.

PETA adalah pasukan cadangan bentukan Jepang yang melatih para pemuda Indonesia dengan beragam pendidikan militer khas Jepang. PETA dibentuk dan dipersiapkan seandainya sekutu masuk ke Indonesia di masa Perang Dunia II Front Pasifik.

Dari informasi yang dihimpun, patung itu ternyata merupakan hadiah persahabatan dari Kemenhan RI pada 2011 dengan diwakili Menhan RI kala itu, Purnomo Yusgiantoro. Figur Jenderal Sudirman setidaknya bisa diterima dan jadi salah satu tokoh Indonesia yang dihormati Jepang, lantaran dipandang sebagai prajurit.

“Ketika Menteri Purnomo mengunjungi Jepang pada Januari 2011, Indonesia mempersembahkan sebuah patung perunggu Jenderal Soedirman yang punya kedekatan dengan Jepang,” ungkap pernyataan resmi di situs Kemenhan Jepang, kala itu.

“Patung ini simbol berkembangnya persahabatan dan kerja sama antara Jepang dan Indonesia,” sambung pernyataan Kemenhan Jepang. (Okezone.com)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *