Press "Enter" to skip to content

Sejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah Barat

Perjalanan Majalah Berita Mingguan TEMPO yang lahir 6 Maret 1971, dipaparkan para pelaku sejarah. Goenawan Mohamad, Haryoko Trisnadi, Usamah Said, Christianto Wibisono dan Renville Almatsir menuturkan pengalaman mereka saat membangun majalah yang berusia 50 tahun pada 6 Maret 2021.

TEMPO yang terbit dengan gambar utama Pemain Bulutangkis Minarni itu, hadir dengan modal pertama Rp 18 juta, ditambah dengan membeli perlengkapan lain, termasuk mesin ketik IBM, maka modal total mencapai Rp 20 juta. Plus modal pinjaman untuk cadangan yang bisa digunakan dalam operasional TEMPO.

Haryoko Trisnadi dari Majalah Jaya duduk sebagai Pemimpin perusahaan, dan Goenawan Mohamad sebagai Pemimpin Redaksi menjalankan TEMPO yang akhirnya melejit namanya. Hingga mampu membeli 50% saham membeli sebuah gedung bertingkat di Kuningan, Jakarta, lokasi segitiga emas Jakarta, sebelum berhasil mendirikan gedung sendiri di Palmerah Barat, Jakarta.

 

Dalam kesempatan itu, Goenawan Mohamad menjawab seluruh pertanyaan hadirin yang jumlahnya hampir 50 orang. Sejumlah mantan wartawan TEMPO hadir bersama para pembaca setia lainnya. Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB itu, berlangsung selama 3 jam, diisi dengan guyonan dan pengalaman para wartawan. Termasuk Seiichi Okawa, koresponden TEMPO di Tokyo.

Kantor TEMPO Jln. Senen Raya, Jakarta Pusat.

Dan, Bambang Harymurti, satu-satunya wartawan calon antariksawan Indonesia yang akan ikut terbang bersama Pratiwi Sudarmono dan Rizman Nugraha serta Taufik. Sayang misinya membawa satelit Palapa ke luar angkasa dibatalkan, setelah pesawat ulang-alik Challenger meledak dalam misi sebelumnya.

Goenawan Mohamad, Lukman Setiawan, Fikri Jufri dan Harjoko Trisnadi

Bagaimana TEMPO menghadapi gempuran teknologi dan media sosial dewasa ini. Ikuti bincang-bincang dalam rekaman video di atas. Untuk acara berikutnya, Indonesianlantern.com akan menggelar bincang santai dengan Putu Wijaya, Leila S. Chudori, Martin Aleida dan S. Malela Mahargasarie untuk mengikuti perjalanan Seni dan Teater TEMPO: Teater Mandiri, Broadway, Teater Utan Kayu dan Salihara yang dijadualkan berlangsung Rabu 17 Februari 2021 pukul 20.00 WIB. (DP).

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.