Press "Enter" to skip to content

Dzaki Sukarno Berhasil Lolos Babak Penyisihan Awal ‘American Idol’

Dzaki Sukarno, pemuda berdarah Indonesia yang tinggal di La Cruces New Mexico berhasil masuk ke babak penyisihan awal ajang American Idol 2021. Tiga juri, Katy Perry, Lionel Richi dan Luke Bryan, secara serempak menyatakan ‘’Yes’’ setelah menyaksikan penampilan Dzki Sukarno membawakan lagu ‘Good as You’’.

‘’Saya menyanyikan lagu karya Kane Brown itu, karena selalu saya membawakannya di pasar para petani lokal, restoran, coffee shop di Las Cruces. Kota kedua terbesar di Negara Bagian New Mexico. ’’Saya nyaman membawakan lagu itu,’’ lanjut Dzaki Sukarno yang kini berusia 20 tahun.

Pertengahan musim panas tahun lalu, sekitar Agustus atau September, pemuda tampan ini awalnya mengikuti saran temannya untuk melakukan audisi American Ideol lewat Zoom. Ia diminta menyanyi sejumlah produser dan merasa belum pasti, sampai akhir menerima surat sebulan kemudian bahwa ia dipanggil untuk audisi langsung di hadapan tiga juri utama, dan berhasil.

Eko Sukarno orang tua Dzaki Sukarno (VOA Indonesia)

Sejak kecil Dzaki suka menyanyi karena selalu mendengarkan kedua orang tuanya menyanyi. Dalam wawancara dengan VOA Indonesia, Dzaki bercerita, ‘’Saya suka mendengarkan ayah saya main gitar, dan ibu menyanyikan lagu-lagu Melly Goeslaw,’’ tuturnya. Ibunya suka menyanyi lagu ‘Ayat-ayat Cinta’. Dzaki terpaksa membolos kuliah di New Mexico State University (NMSU) jurusan bisnis pertanian dan aerospace untuk mengikuti audisi lewat Zoom. ”Dan berhasil. Alhamdulilah,’’ tuturnya Dzaki yang sudah 10 tahun tinggal di Kota La Cruces dan bekerja di green chile farms.

 

Sejak 2018, Dzaki terpilih sebagai salah satu dari 15 finalis FFA Convention talent competition di Indianapolis, Indiana.

Musik country telah menjadi bagian dirinya. Dzaki kerap tampil di rodeo, mengenakan sepatu boots dan jeans, topi koboi dan ikat pingangg besar. ‘’Banyak yang bilang, saya bukan orang Indonesia. Dan saya bangga bisa mewakili country music dari Indonesia,’’ kata Dzaki kepada VOA Indonesia.

Eko Sukarno dan Dzaki (VOA Indonesia)

Eko Sukarno, ayahnya, merasa kaget setelah mendengar putranya masuk dan mendapat tiket emas untuk tampil di Hollywood. ‘’Saya gembira sekali. Terserah mau di bidang militer oke, sambil jalan sama musiknya juga oke. Asal jalannya tetap lurus, saya dukung,’’ kata Eko Sukarno bangga tentang putranya yang menjadi anggota Airforce ROTC.

‘’Saya berharap agar saya tembus sampai ke tahap makin tinggi di American Idol, sehingga bisa membawa nama saya dan Indonesia di ajang musik American Idol,’’ tutur Dzaki Sukarno. (DP)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *