Press "Enter" to skip to content

Keprihatinan ‘Kartini Muda’ Dr. Halida Putri pada Vaksin Nusantara

Untuk merayakan Hari Kartini pada 21 April tahun 2021 ini, Indonesianlantern.com mengundang Dr. Halida Putri Widyastuti menjadi tamu istimewa.

Halida atau biasa dipanggil Lily Hikam adalah lulusan University of California Irvine dan meraih gelar Ph.D di bidang Biomedical Science pada tahun 2020. Beberapa hari lalu, Lily menuliskan sebuah tulisan populer ilmiah tentang Vaksin Nusantara, dalam blog hikamreader.com, yang diasuh ayahnya, A. Hikam, salah satu mantan menteri dalam Pemerintahan Abdurahman Wahid.

 

Dalam tulisan berjudul ”A Look from a Concerned Scientist” itu, Lily mengungkapkan keprihatinannya atas Vaksin Nusantara yang dinilainya terlalu dipolitisasi. ”Bahkan vaksin tersebut seolah-olah dihasilkan oleh putra putri Indonesia. Padahal vaksin itu karya Aitiva Biomedical, sebuah perusahaan AS yang dipimpin Hans Keirstead, CEO Aitiva salah seorang dosen di UCI, almamater Lily.

Dokter Terawan Agus Putranto (detik.com)

Wawancara selama 30 menit dapat disimak dalam rekaman video di atas. Dalam kesempatan tersebut, Lily mengungkapkan faktor utama yang mendorongnya untuk kembali ke tanah air, dan menyumbangkan ilmunya untuk tanah air.

”Saya mengimbau kepada para Kartini muda untuk melakukan apa saja yang tidak biasa. Seperti Ibu Kartini pada jamannya waktu itu. Jangan takut bila anda disebut perempuan yang tak mampu di bidang ilmu dan teknologi,” katanya di akhir wawancara.

Seluruh perbincangan bersama Halida Putri Widyastuti pada hari 21 April 2021 dapat disimak dalam rekaman di atas. (DP).

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.