Press "Enter" to skip to content

Bahasa Indonesia Tempati Urutan ke-11 Bahasa Dunia

Bahasa Indonesia menempati urutan ke-11 dari bahasa yang digunakan di dunia. Urutan pertama diduduki Bahasa Inggris dengan 1,35 miliar pengguna, disusul dengan Mandarin dengan 1,12 miliar penghuni dunia, dan ketiga adalah Bahasa Hindi dengan jumlah 600 juta.

Menurut laman mentalfloss.com, setiap tahun Ethnologue menimba data lebih dari 700 bahasa untuk menentukan bahasa apa yang banyak digunakan di seantero dunia. 

Hasilnya, dari 20 bahasa yang ditetapkan sebagai bahasa paling banyak digunakan di dunia, Bahasa Indonesia menempati urutan ke-11 dengan 199 juta pengguna, mengalahkan Bahasa Jerman dan Jepang yang masing-masing mencatat 135 juta dan 126 juta pengguna. Tentu saja jumlah itu di luar negara asal bahasa itu.

Mentalfloss.com menguraikan penggunaan Bahasa Indonesia di dunia gara-gara Belanda yang memperkenalkan Indonesia di awal Abad ke-17,  kemudian menjadi koloni sehingga banyak kata-kata Belanda yang dipakai dalam Bahasa Indonesia. Seperti kata-kata ‘’Tas’’ yang digunakan juga dalam Bahasa Belanda, juga ‘’Kantor’’ yang digunakan Bahasa Belanda sebagai kantoor. (DP)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *