Press "Enter" to skip to content

Belasan Wartawan Senior Indonesia Luncurkan Situs Seide.id

Satu situs lagi lahir di dunia maya Indonesia dengan nama Seide.id. Portal web yang didirikan oleh 11 wartawan dan dua tenaga IT itu, berangkat dari semangat yang sama dan satu ide. Yakni, lebih baik menulis artikel di media elektronik ketimbang menulis di media sosial yang tidak menghasilkan apa-apa. ”Cuma dapat ribuan jempol dan like!” kata Herman Wijaya dan Ricke Senduk, dua redaktur Seide.co.

”Padahal kami adalah wartawan yang memiliki ribuan pengikut. Bahkan banyak di antaranya yang sampai 5 ribu pengikut,” kata Soegeng Setyo, redaktur Seide.id yang berkantor pusat di Pertokoan Bumi Serpong Damai, Jawa Barat.

Selain itu, situs Seide.id atau satu ide ini, dibentuk untuk menghindarkan komentar bernuansa ujaran kebencian yang makin kental di media massa. Juga, ”Berniat menghimpun banyak penulis dan menjadi perpustakaan para penulis Indonesia,” ujar Noorca M. Massardi, mantan pemimpin redaksi Majalah Jakarta-Jakarta yang ikut dalam portal web ini.

Yang tak kalah pentingnya, ”Ini adalah impian lama yang menjadi kenyataan,” tutur Supriyanto Martosuwito. Pemimpin Redaksi situs Seide.id ini berharap akan banyak penulis lain yang bersedia bergabung. ”Nanti pada saatnya setiap penulis akan diberi imbalan untuk jerih payahnya,” sambung Supriyanto, mantan Redaktur Pelaksana harian kondang ibukota yang banyak mengenal tokoh dan selebritas Indonesia.

Sukma Redjo dan Soegeng Setyo, serta Ricke Senduk, pun bersedia menjadi penyandang dana sampai situs ini menemukan investor sesungguhnya.

Redaksi Seide.id (koleksi seide.id)

Saat ditanya berapa modal pertama yang disuntikkan dalam proyek ini? ”Tidak banyak. Kami menyediakan dana sekitar Rp 300 juta, untuk start awalnya,” kata Ricke Senduk, wartawan sekaligus pengusaha, yang pernah bekerja di Gramedia Group. ”Dana itu, dikeluarkan untuk keperluan sehari-hari dan transportasi liputan,” tambah Ricke Senduk.

Tentu saja, di awal langkahnya, Seide.id mengalami kendala teknis apalagi para wartawannya yang sudah berusia senja dan tak mampu mengikuti perkembangan teknologi. ”Nulisnya cepat, tapi cara mengunggah ke internet bisa makan waktu berjam-jam,” tutur Harry Tjahjono, mantan wartawan salah satu majalah keluarga di Indonesia.

Namun, berkat bantuan Bayu, tenaga ahli IT yang menangani semua keperluan teknologi Seide.id, portal web baru ini berhasil meraih pembaca yang cukup signifikan. Tambahan lagi, pembayaran iklan di situs ini akan lebih baik lagi. Tidak seperti yang dilakukan Google yang sangat minim. ”Google hanya membayar receh saja dibandingkan artikel yang kita hasilkan,” tutur Bayu. Di samping itu, semakin banyak perusahaan start-up yang membutuhkan artikel guna membantu perusahaan pemula dan bidang e-commerce lainnya.

Para angora redaksi Seide.id

”Dengan target hingga 100 penulis yang punya rata-rata seribu pengikut, maka Seide.id diharapkan bakal meraih 100 ribu pembaca setiap bulan,” tutur Soegeng Setyo. Di atas kertas, apabila angka itu tercapai, maka portal web ini akan meraih pendapatan Rp 80 juta di bulan pertama. Bulan berikutnya Rp 120 juta dan berikutnya lagi sekitar Rp 150 juta,” tutur Soegeng Setyo.

Jika angka itu tercapai, maka semua iklan yang dipasang di situs ini akan mendapatkan monetizing yang bagus. ”Selama tiga hari terbit sejak 1 Juli lalu, iklan kami sudah mencapai 48 buah dari produk-produk prima. Seperti Shopee, Tokopedia, Mercedes-Benz dan lainnya,” sambung Soegeng.

Namun, hingga kini Seidi.id masih belum promosi, sehingga iklan-iklan tadi belum diklik,” tutur Soegeng. ”Dalam enam bulan ke depan, moga-moga seluruh iklan akan diklik dan Seide.id makin berkibar,” sambungnya menambahkan. (DP).

4 Comments

  1. Zulkifli Akbar Zulkifli Akbar July 5, 2021

    Selamat atas terbitnya majalah SEIDE.ID ini semoga tercapai apa yg menjadi cita2 pendirinya

  2. Tato Soewarto Tato Soewarto July 5, 2021

    Selamat atas terbitnya majalah SEIDE.ID.
    Semoga akan akan menjadi tambahan bacaan yang bermutu buat masyarakat luas.

  3. Nyimas Aliah Nyimas Aliah July 5, 2021

    Good Idea, saya siap jadi penulis utk rubrik peran perempuan mengantisipasi hoaxs dan head speak

  4. Satrio Arismunandar Satrio Arismunandar July 7, 2021

    Semoga lancar dan sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.