Press "Enter" to skip to content

Turis Asing Boleh Masuk AS & Bakal Antre 8 Jam di Bandara

Wisatawan asing yang berkunjung ke Amerika Serikat diperkirakran bakal mengalami penundaan selama 8 jam. Hal itu diungkapkan Sherry Shein, direktur sektor teknologi Societe Internationale de Telecomunications Aeronautiques, SITA. ”Bahkan penundaan bisa mencapai 8 sampai 10 jam,” katanya.

Mulai 8 November 2021, Pemerintah AS mengizinkan wisatawan asing masuk ke AS kembali. Negara-negara itu adalah Inggris, China, Brazil, India, Rusia, Uni Eropa, Canada. Belum jelas apakah turis Indonesia juga diizinkan masuk ke AS. Para wisatawan asing diminta memenuhi sejumlah prasyarat, di antaranya: Telah mendapatkan vaksinasi; Dinyatakan negatif Covid-19 sejak tiga hari sebelum masuk AS. Mereka yang kedapatan positif Covid-19 diharuskan menjalani karantina di lokasi yang ditentukan.

Situs Traveloffpath edisi 6 November 2021 menuliskan, meskipun banyak negara telah menerapkan sistem vaksin secara digital dan kode QR atau telepon pintar, namun Bandara AS tak percaya. Mereka masih menggunakan proses secara manual menggunakan dokumen yang prosesnya diserahkan ke tangan maskapai penerbangan.

Sejauh ini pemegang paspor AS diizinkan masuk tanpa karantina. Sementara para turis asing yang telah divaksinasi diperbolehkan memasuki AS. Akibatnya, diperkirakan terjadi penyumbatan di sejumlah bandara AS, sehingga para penumpang harus menunggu hingga 8 jam untuk melalui seleksi vaksinasi Covid-19. Apalagi menjelang liburan musim dingin dan musim Thanksgiving Day atau pulang mudik warga AS.

Maskapai Penerbangan Delta mengalami kenaikan 450% jumlah wisatawan asing yang hendak berlibur ke Orlando, New York dan Boston. Belum lagi ribuan warga AS yang baru pulang setelah tertunda dua tahun akibat pandemi sehingga tidak bisa mudik. Demikian juga maskapai penerbangan United yang diperkirakan kebanjiran 30 ribu penumpang yang datang ke AS. Sementara penerbangan Virgin Atlantic dari New York ke London juga penuh.

Karena itu wisatawan asing, termasuk Indonesia yang akan berkunjung ke AS diharap bersiap menghadapi berbagai kendala. ”Coba dicek lagi situs-situs maskapai penerbangan yang anda tumpangi, dan pelajari proses dokumentasi apa saja, dan pastikan semua persyaratan telah dipenuhi.” Terutama penerbangan ke AS mulai 8 November 2021. (DP).

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *