Press "Enter" to skip to content

Laura Basuki Pemeran Pendukung Terbaik Festival Film Berlinale Jerman 2022

Seorang artis Indonesia kembali menorehkan tinta emas di panggung film dunia. Dia adalah Laura Basuki. Artis 34 tahun ini meraih penghargaan sebagai pemeran pendukung terbaik dalam Festival  Film Internasional Berlinale ke-72, di Berlin Jerman Rabu 16 Februari 2022.

Laura, meraih piala Silver Bear berkat perannya sebagai Nino dalam film ‘’Before, Now and Then’’ atau Nana. ‘’Terima kasih untuk Berlinale Festival, Terima kasih untuk para juri, terima kasih atas penghargaannya pada film Indonesia. Piala ini untuk Indonesia,’’ kata Laura, dalam rekaman video yang dipancarkan dari Indonesia. 

‘’Terima kasih kepada seluruh tim Film Nana, kepada sutradara, produser yang memberi kepercayaan kepada saya untuk memerankan Nino,’’ lanjut Laura, yang sempat ikut di acara awal di Festival Berliane, tapi harus pulang lebih awal ke tanah air untuk keperluan keluarga.

Sementara itu, dalam konperensi pers, Kamila Andini, sang sutradara Nana, merasa bangga atas keberhasilan Laura yang memiliki bakat luar biasa. ‘’Meski berperan sebagai pemeran pendukung, namun karakter Ino dalam film itu cukup penting,’’ tutur Kamila. ‘’Laura mampu menampilkan kebebasan dalam karakter Ino yang saya inginkan,’’ lanjut Kamila Andini.

Dari kiri-kanan: Kamila Andini, sutradara; Happy Salma, pemeran utama dan Laura Basuki, pemeran pendukung

Film ‘’Nana’’ bercerita tentang seorang wanita bernama Nana, yang hidup di tahun 1960-an. Untuk menjalani hidupnya yang penuh tantangan, Nana bersedia menjadi istri seorang pengusaha kaya yang memiliki banyak istri. Satu di antaranya adalah Ino, salah satu istri yang dekat dengan Nana. 

Tokoh Ino inilah yang diperankan Laura Basuki, yang kemudian meraih Piala Silver Bear kategori pemeran pendukung. Penghargaan tertinggi Berliane yang diraihnya bersama lima orang lainnya untuk kategori sutradara terbaik, skenario terbaik, pemeran utama terbaik, dan Outstanding Artistic Contribution.

Film Nana menjadi salah satu nominasi dari 18 film untuk kategori Competition, kategori utama dalam festival film internasional ke-72 di Berlin, Jerman. Untuk festival tahun 2022 ini, film terbaik diraih film Alcarras karya sutradara Carla Simon dari Catalina, Spanyol.

Baca juga: Film Nana lolos dalam Final Festival Film Berlinale 2022

Festival film bergengsi kedua di Eropa – setelah Festival Film Cannes — ini bukan ajang festival sembarangan. Para jurinya diketuai oleh M. Night Syamalan, sutradara AS yang kondang dengan film ‘’The Six Sense’’ bersama enam juri lainnya. Yakni Karim Ainus dari Algeria, Said bin Said, dari Tunisia, Anne Zohra Berrached dari Jerman, Tsitsi Dangarembga, Zimbabwe, Ryusuke Hamaguci dari Jepang dan Connie Nielsen dari Denmark.

Selamat untuk Film ‘Nana’ dan Laura Basuki. (DP)

 

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *