Press "Enter" to skip to content

Cie Siang: ”Pelajaran Pahit dari Musibah Kebakaran di Rumah Saya”

Oleh: Emil Damsyik

Peristiwa kebakaran yang dialami warga Indonesia di Philadelphia, benar-benar membuat panik. Seperti yang dialami Cie Siang, seorang warga Indonesia yang tinggal di S. 19th Street, Philadelphia.

Di hari nahas 23 Februari 2022 lalu, saat menggoreng ayam menggunakan minyak goreng, Cie Siang hendak melepas lelah dengan duduk sebentar di ruang tamu. Lima menit kemudian, tiba-tiba tercium bau gosong yang cukup menyengat.

Betul juga. Saat menengok ke dapur api sudah membumbung tinggi. ‘’Sampai-sampai alat pemadam kebakaran tak mampu memadamkan kebakaran itu, sehingga saya telepon 911,’’ kata Cie Siang yang bernama lengkap Kristin Jauwana.

Dalam waktu singkat, armada pemadam kebakaran pun datang. Mereka menyerbu ke ruang dapur dan memadamkan kebakaran tersebut. ‘’Untunglah api di dapur saya segera dikuasai,’’ tutur Cie Siang.

Banyak bantuan dari Gereja Bethany, Gereja Katolik, Gereja Rock, Gereja El-Shadai Christian Church dan Kampoeng Philadelphia, serta Rumah Makan Hardena. Bahkan warga Indonesia saling urun rembug dan memberikan bantuan ke keluarga Cie Siang. Juga Bapak Arifi Saiman dan ibu Endang, Konsul Jenderal RI New York, yang menyerahkan sumbangan di rumah korban. Termasuk bantuan finansial.

Karena itu ‘’Saya berterima kasih atas gerak cepat semua teman-teman dari gereja. Juga para putri Pak Hadi dari Waroeng Soerabaja atau Rumah Makan Hardena. ‘’Park Hadi menyalurkan bantuan ke saya secara langsung dari para pelanggan melalui Venmo,’’ tutur Cie Siang.

Dari musibah ini, Cie Siang mengingatkan pelajaran penting yang didapatnya.

  • Jangan memasak dengan api yang besar atau sangat besar. Terutama apabila menggunakan minyak goreng waktu memasak.
  • Jangan pernah meninggalkan dapur pada waktu memasak. Seberapa besarpun keinginan untuk duduk walau cuma sebentar. 
Cie Siang dan keluarga (koleksi pribadi)

‘’Demikian pengalaman saya di dalam rumah yang baru saya beli. Mudah-mudahan pengalaman dan hikmahnya, bisa dipetik dari musibah ini,’’ kata Cie Siang. (Artikel & Foto2: Emil Damsyik. Video: Syarif Syaifulloh Official Video).

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *