Press "Enter" to skip to content

Pembagian Peluit Kuning di Philadelphia Berlangsung Sukses

Acara pembagian ‘The Yellow Whistle’ kepada warga Indonesia di Gereja Philadelphia Praise Center, PPC, Philadelphia Sabtu 26 Maret 2022 berlangsung cukup meriah. Sekitar 100 Diaspora Indonesia hadir di acara dipandu Didi Prambadi, inisiator acara bagi-bagi Peluit Kuning itu. ‘’Cukup mengesankan karena animo masyarakat Indonesia ternyata cukup besar,’’ kata Didi, COO indonesianlantern.com

John Chin, CEO PCDC, Pastor Melkysedek; Konjen RI Arifi Saiman beserta Ibu Endang, Pastor Aldo, Pastor Tenny Landena serta Didi & Indah Nuritasari (koleksi Pastor Melkysedek Tirtasapura)

Sekitar 150 warga Indonesia berduyun-duyun menghadiri acara yang dimulai pukul 11.00 siang. Sebanyak 50 orang di antaranya datang terlambat setelah bekerja hari itu. Bahkan sekitar puluhan peluit sisanya dibagikan usai kebaktian di Gereja PPC, Philadlephia.

Acara dibuka dengan sambutan Konsul Jenderal Republik Indonesia, Arifi Saiman. ‘’Kami atas nama Pemerintah Indonesia menyambut positif ide program hasil kerjasama dengan Philadelphia Chinatown Development Corp dengan warga Indonesia di Philadelphia,’’ kata Arifi Saiman. ‘’Ini sebuah upaya untuk membantu melindungi warga kita dari berbagai tindakan yang berpotensi membahayakan warga Indonesia, khususnya pada saat berada di fasilitas umum,’’ kata Arifi yang hadir bersama Ibu Endang.

John Chin serahkan Peluit Kuning secara simbolis kepada Konjen RI, Arifi Saiman. (Koleksi Melkysedek Tirtasaputra)

Sambutan yang tak kalah hangatnya disampaikan John Chin, CEO Philadelphia Chinatown Development Corporation. Sebuah perusahaan nirlaba yang diberi mandat untuk membagikan peluit gratis bagi warga Asia di Philadelphia dan sekitarnya.

‘’The Yellow Whistle adalah sebuah program yang memenuhi dua hal penting,’’ katanya. Pertama, peluit ini adalah alat aman yang digunakan warga Asia bila kita dalam keadaan bahaya. ‘’Meniup peluit agar orang-orang sekitar kita tahu sehingga mereka dapat memberi bantuan atau memanggil petugas lewat 911,’’ kata John.

Indah Nuritasari, CEO Indonesian Lantern Media LLC menerima peluit kuning dari John Chin, CEO Philadelphia Chinatown Development Corp (koleksi Melkysedek T.)

Warna kuning, menurut John Chin mewakili warga Asia, karena warga AS dikenali dari warna kulitnya. Hitam, Cokelat, Putih dan Kuning. ‘’Kami gunakan warna kuning untuk warga Asia dan menghilangkan rasa rasialisme,’’ tutur John Chin. Ia menambahkan bahwa sejak program ini digelar tahun lalu telah dibagikan 500 ribu peluit di seluruh Amerika Serikat.

Yang tak kalah menarik adalah penjelasan Pastor Tenny Landena. Pemimpin Gereja Indonesian Christian Church, ICC Philadelphia ini mengungkapkan untuk membasmi kejahatan di Philadelphia yang makin meningkat, Kepolisian Philadelphia meningkatkan sarana pelayanannya. Termasuk akan memindahkan kantor pusatnya dari semula di Race Street, Philadelphia ke sebuah gedung bertingkat di kawasan Philadelphia Utara. 

Suasana sebagian warga antre peluit kuning (koleksi Melkysedek Tirtasaputra)

‘’Pusat monitor dan pengendalian kejahatan sangat luas dan besar, dilengkapi peralatan dan monitor canggih,’’ tutur Tenny Landena yang selalu menghadiri acara yang digelar pihak kepolisian dan wakil warga Indonesia di Philadelphia yang kini jumlahnya mencapai lebih dari 100 ribu orang.

Acara berlangsung selama dua jam ini digelar di Gereja Philadelphia Praise Center pimpinan Pastor Aldo Siahaan. Pemimpin gereja ini dikenal sangat dekat dengan warga Indonesia sejak lama, termasuk warga Muslim di Philadelphia.

Pastor Aldo Siahaan memotret penerima peluit kuning (koleksi Melkysedek T.)

Aldo Siahaan pula yang pernah menyediakan ruang gerejanya untuk umat Islam di Philadelphia menjalankan Sholat Idul Fitri awal tahun 2000-an, sebelum memiliki rumah ibadah di S. 7th Street, Philadelphia. ‘’Kayu Salib di atas podium utama, ditutup kain putih, agar tidak mengganggu jalannya Sholat Idul Fitri,’’ tutur seorang warga Muslim yang enggan disebut namanya.

Peluit Kuning atau The Yellow Whistle yang dibagikan ke warga Indonesia di Philadelphia Sabtu 26 Maret 2022 (koleksi Melkysedek Tirtasaputra)

Sementara itu, Pastor Melkysedek Tirtasaputra, pemimpin Whitehall Mennonite Church memuji acara ini yang dinilai berguna bagi warga Indonesia khususnya. ‘’Sangat berguna sekali agar kita lebih waspada menghadapi aksi kejahatan dan kriminalitas yang makin meningkat dewasa ini,’’ tuturnya.

Pastor Melkysedek T bersama Pastor Tenny L dan Romo Kurniawan bersama dua penerima peluit kuning (Koleksi Melkysedek T.)

Hal yang sama juga disampaikan Romo Kurniawan dari Komunitas Katolik Indonesia di Philadelphia. ‘’Kami sungguh menghargai program pembagian peluit kuning ini. Sungguh berguna dan bermanfaat, terutama saat situasi ekonomi yang kurang baik dan berdampak pada situasi keamanan kita,’’ katanya.

Acara bermanfaat untuk warga Indonesia seperti ini, rencananya akan digelar lagi di masa mendatang. Termasuk pembagian peluit berwarna merah putih bagi warga Indonesia di beberapa kota lain, yang tengah dipersiapkan pihak KJRI New York.  Selamat! (DP & Foto2: Melkysedek Tirtasaputra)

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *