Press "Enter" to skip to content

Skandal di Dalam Lift itu …

Oleh: Bunga Kejora Trihusodo

Versi terdakwa, laki-laki: Saya dalam keadaan kecewa karena kritikan media saat itu. Kami berdua bicara di lorong dekat lift, sesaat sebelum rapat dimulai. Dia memencet tombol lift dan mengajak saya masuk ke situ. Ia langsung mencium saya, membuka kancing bajunya, menggiring tangan saya ke bokongnya. Ia tidak bicara sepatah kata pun. Kami berhubungan karena gairah cinta di lift.

Versi korban perempuan: dia yg mengajak saya masuk ke lift, membuka kancing blus dengan paksa, menggigit dada saya, memaksa penetrasi sampai pakaian dalam saya sobek.

Begitu yang terungkap di sidang pengadilan kasus perkosaan dengan terdakwa James. James orang penting dalam cerita ini, film seri Anatomy of a Scandal yang dirilis Netflix 15 April lalu.

Ia, menteri dalam negeri merangkap anggota parlemen, dan orang dekat Perdana Menteri Inggris, karena bersahabat sejak kuliah dan sama-sama anggota klub elit mahasiswa Libertine di Oxford.

Karier James Whitehouse (diperankan oleh Rupert Friend) berjalan mulus, keluarganya bahagia dengan istri menarik (Sienna Miller) dan sepasang anak. Sampai suatu kali muncul gadis muda, Olivia namanya. Usia 28 tahun, bibir lebar dan rambut hitam. Olivia (Naomi Scott) asisten periset data pendukung kerja James saat sibuk meloloskan undang-undang imigran di parlemen.

Olivia bukan hanya cekatan mengumpulkan data, tapi analisanya juga tajam. James suka pada gadis itu. Sebaliknya,  Olivia tertarik pada gaya angkuh dan percaya diri James.Penampilannya selalu necis dan tenang. Ini  membuat rangkaian diskusi keduanya, dari urusan kantor melebar menjadi urusan di kamar hotel. Dari hubungan formal beralih ke hubungan badan.

“Sekitar 20 -30 kali di hotel,” ujar James yang akhirnya mengaku pada istrinya,Sophie. Perempuan itu berdiri mematung mendengar cerita perselingkuhan suaminya. Mereka sudah 12 tahun menikah. “Ini bukan hubungan serius, cuma soal sex,” kata James lagi.

Kencan gelap James telah berlangsung selama 5 bulan. James kemudian sadar dan menyatakan pada Olivia hubungan harus berakhir. Tapi terlanjur, Olivia sudah keburu jatuh cinta.

Skandal ini membuat geger umum, karena James pejabat publik yang berkantor di gedung parlemen bergengsi di Westminster, dan berasal dari partai konservatif yang dicitrakan setia pada nilai-nilai berkeluarga.

Peristiwa di lift itu terjadi seminggu setelah James menyatakan putus pada Olivia. Publik makin menganggap tak masuk akal karena hubungan intim terjadi  sesaat sebelum rapat penting pejabat pemerintah berlangsung, di ruangan yang tak jauh dari lift.

Siapa yang harus dipercaya? Pidana perkosaan, seperti dituduhkan Olivia, atau kah kesepakatan sama-sama suka.

James memaksa istrinya Sophie harus hadir di persidangan. Padahal berat bagi Sophie mendengar detail hubungan asmara suaminya. Juga terpaksa memandang pacar suaminya di kotak saksi. Perempuan lain yang berbulan- bulan lekat dengan suaminya.

Apa pun konflik perasaan Sophie, suaminya tetap mengharuskan ia muncul di balkon pengadilan, untuk mendukungnya dan memperlihatkan pada publik bahwa keluarga mereka utuh, dan agar Sophie tampak telah me maafkan perbuatan yg mempermalukan dirinya sebagai istri.

Namun, skandal ini membuat wanita-wanita yang terlibat di dalam pusaran peristiwa, tersadar akan jati diri mereka. Mereka merasa harus membuktikan kesetaraan pria dan wanita sebagai manusia.

Yang pertama adalah jaksa penuntut, Kate Woodcroft ( pemain di serial Downton Abbey Michelle Dockery)  perempuan yang disegani sebagai jaksa, dan menang di sejumlah kasus besar. Ia berpendapat bahwa laki-laki yang punya kekuasaan, sering seenaknya merasa punya hak istimewa untuk memperlakukan bawahan sewenang-wenang. Wanita dianggap tidak punya posisi tawar untuk menolak, dan seolah siap diapakan saja.

Kedua, Olivia yang jujur di muka pengadilan menyatakan ia mencintai James. Ia juga menyerahkan foto bekas gigitan di dada dan celana sobek sebagai bukti serangan. Pun Olivia mengaku ia menolak keintiman saat itu  dengan berkata, ” Tidak. Jangan di sini.”
Semua dibantah oleh terdakwa James dan diremehkan oleh pembelanya.

Ketiga, yang paling terakhir sadar adalah Sophie, istri James sendiri. Acara persidangan telah membuka matanya untuk melihat bagaimana suaminya berbohong dan memanipulasi fakta untuk menyelamatkan karier dan dirinya sendiri. Suaminya mendikte apa itu kebenaran, tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain.

Bunga Kejora Trihusodo

Di penutup season 1 dengan 6 episode, Sophie memutuskan pergi dari rumah bergengsinya di London ke pinggiran kota bersama sepasang anak-anaknya. Ia tidak mau putra-putrinya tumbuh sebagai fotokopi ayahnya: yang siap bertindak apa pun untuk
kehebatan diri sendiri.

Sebelum pergi dari rumah, Sophie bertemu jaksa penuntut umum dan memberi lampu hijau pada jaksa untuk membongkar rahasia James yang lain. Belum jelas apakah Netflix akan memproduksi lanjutan serial Anatomy of a Scandal ini ke season 2.

* Bunga Kejora Trihusodo: Wartawan Senior Tempo.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *