Press "Enter" to skip to content

Perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022 Warga Indonesia Philadelphia Berlangsung Meriah

Acara Sholat Ied Fitri 1443 H yang digelar Masjid Al Falah Philadelphia, Senin 2 Mei 2022, berlangsung meriah. Sekitar 300 warga Muslim tampak khusuk mengikuti sholat Ied yang dipimpin Syekh Muhammad dari Lebanon. Di antara para jemaah tampak warga Muslim dari berbagai negara lain, seperti Pakistan, India, Myanmar, Malaysia dan Arab Saudi.

Satu per satu membayar Zakat Fitrah di tenda yang tersedia di depan lapangan hijau FDR Parks di 1500 Pattison Ave, Philadelphia. Sholat Ied diawali dengan Takbir yang dipimpin oleh beberapa pemimpin Masjid Al Falah secara bergantian, yang ditirukan oleh para hadirin. Dilanjutkan dengan Sholat Ied Fitri.

Dalam sambutannya,  Syekh Muhammad mengimbau para hadirin agar ikut dalam kegiatan Majelis Taklim Al Falah. ‘’Mari kita semua belajar tentang Agama Islam. Juga bersedekah dan mengikuti ajaran Islam yang benar,’’ kata Syekh Muhammad. 

Syekh Muhammad di antara para jamaah (DP)

‘’Jangan mengikuti ajaran dan kotbah keliru yang banyak diajarkan para ulama di YouTube,’’ ujarnya. ‘’Allah menciptakan segalanya dan Nabi Muhammad junjungan kita sebagai utusanNya,’’ sambungnya. ‘’Mohon ampunan dari Allah untuk semua kesalahan kita,’’ katanya.

Sambutan lain disampaikan Romana Lee Akiyama. Wanita karir yang menjabat sebagai Director Mayor’s Office of Public Engagement atau Direktur Hubungan Masyarakat Kantor Walikota Philadelphia ini menekankan bahwa ‘’Ketaqwaan dan Iman membuat anda kuat,’’ kata pejabat Pemerintah Philadelphia yang pagi itu mengenakan kerudung warna biru tua.

Sementara, Stephanie Sun. Executive Director Pennsylvania Governor’s Advisory Commission on Asian Pacific American Affair ini menyatakan hal yang sama. Dan meminta agar warga Muslim tidak ragu untuk menghubungi kantornya bila terjadi kasus-kasus kejahatan. 

Sedangkan Randy Duque mendoakan  ‘’Semoga kita semua dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan aman dan tetap menyampaikan hak-hak anda sebagai warga Philadelphia. Jangan ragu untuk menghubungi saya bila ada pertanyaan dan membutuhkan penjelasan,’’ tutur Randy, pria berdarah Filipina yang mengenakan batik dari daerah Sulawesi.

Acara ditutup dengan ramah tamah dan makan bersama. Sejumlah makanan Indonesia karya Restoran Pecel Ndeso, dan sumbangan dari para ibu warga Indonesia di Philadelphia terasa nikmat di pagi yang cukup dingin hari itu. Sejumlah tokoh masyarakat, para tokoh agama Kristen, Katolik dan Protestan, ikut meramaikan acara Idul Fitri yang dirayakan setiap tahun oleh Umat Muslim Indonesia di Philadelphia. ‘’Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Maaf Lahir Batin’’. (DP)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *