Press "Enter" to skip to content

Erick Thohir Mengupas Kebenaran Film ‘KKN di Desa Penari’

Menteri BUMN Erick Tohir melakukan wawancara langsung dengan Sudirman, penjaga sekaligus pengelola sebuah daerah bernama Rowo Bayu, di Banyuwangi, Jawa Timur, yang disinyalir sebagai lokasi asli Kuliah Kerja Nyata, KKN di Desa Penari.

Hingga kini memang lokasi asli KKN di Desa Penari masih menimbulkan tanda tanya besar di tengah masyarakat sejak kisah itu viral di media sosial dua tahun lalu.

Sampai belakangan, baru menyeruak ke publik bahwa salah satu lokasi yang disebut-sebut melatarbelakangi kisah KKN di Desa Penari adalah Rowo Bayu yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam ceritanya, pengelola Rowo Bayu bernama Sudirman meyakini bahwa KKN di Desa Penari yang viral itu terjadi di dekat desa wisata Rowo Bayu. Bahkan, Sudirman mengatakan tanggal dan tahun tragedi itu telah tercatat terjadi di Rowo Bayu. “KKN-nya tahun berapa, tanggal berapa, semua tercatat,” kata Sudirman kepada Erick Thohir.

Sudirman juga menuturkan, kejadian KKN di Desa Penari di Rowo Bayu terjadi pada tahun 2008, saat enam orang mahasiswa melakukan KKN dan dua di antaranya mengalami tragedi. “Ya ini, cerita Desa Penari berangkat dari KKN 2008 itu ada enam mahasiswa dari Surabaya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Sudirman juga memberikan sebuah buku berisi posisi atau titik-titik di Rowo Bayu yang serupa dengan penceritaan KKN di Desa Penari.

Erick Thohir lantas mengatakan akan segera berkunjung ke Banyuwangi untuk melihat lokasi Rowo Bayu yang kini menjadi desa wisata tersebut. “Saya sudah datang ke banyuwangi dua kali, berarti ada ketiga, untuk melihat desa wisata, tapi ke Desa Penari-nya siang-siang saja,” kata Erick Thohir kepada penjaga Rowo Bayu sebagaimana dikutip dari akun Instagram @erickthohir pada Kamis, 19 Mei 2022. (Disadur dari Suara Merdeka – Blora)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *