Press "Enter" to skip to content

Aman: Penembakan Sabtu Malam itu Bukan di Kawasan Diaspora Indonesia Philadelphia

Penembakan itu terjadi sekitar pukul 11.30 malam, Sabtu 4 Juni 2022. Eric Walsh seorang pelayan O’Neals Pub yang mendengar tembakan pada saat itu, bertindak cepat. Ia membuka pintu restoran dan mengajak khalayak ramai yang berjubel di depan resto segera masuk agar aman dari penembakan.

”Banyak yang masuk dengan baju dan badan terkena cipratan darah,” kata Eric seperti dikutip harian The Philadelphia Inquirer. ”Kami segera memberi lap basah ke mereka. Benar-benar panik,” lanjutnya.

Diperkirakan ada dua tersangka pelaku penembakan. Satu di antaranya terluka tangannya. Tidak diketahui apakah terkena tembakan dari petugas kepolisian yang tengah berjaga-jaga di lokasi kejadian. Televisi lokal Fox 29 melaporkan, salah seorang pelakunya adalah wanita yang mengendarai mobil Volkswagen Atlas dengan nomor plat mobil K88-EUL.

Peristiwa yang menelan 3 korban jiwa dan 11 luka-luka itu terjadi di South Street dan 2nd Street. Kawasan wisata yang penuh dengan bar dan restoran itu, terletak di Philadelphia East West Street, yang membentang di perbatasan antara Philadelphia Selatan dan Utara. Bukan di kawasan Selatan atau South Philadelphia, yang banyak dihuni warga Diaspora Indonesia, meski namanya South Street, Philadelphia.

Identitas tiga korban yang tewas dalam penembakan itu adalah: Kristopher Minners, 22 tahun; Alexis Quinn 27 tahun dan Gregory ”Japan” Jackson 34 tahun. Sedangkan 11 orang yang terluka dalam peritiwa itu berusia mulai 17 tahun hingga 69 tahun.

Belum diketahui motivasi yang melatar belakangi kejadian ini. Pihak kepolisian setempat menemukan dua senjata semi otomatis yang digeletakkan di jalanan, dan ditemukan sekitar 50 selongsong peluru di sekitar lokasi.

Kejadian ini mengejutkan warga Philadelphia umumnya, karena sehari sebelumnya terjadi insiden penembakan pada Jumat 3 Juni 2022. Seorang wanita hamil tewas dan ada 8 korban lain luka-luka. Kepolisian setempat mengimbau untuk menghubungi nomor berikut guna memberikan informasi atau apapun. Baik lewat texting atau menelepon langsung ke 215-686-TIPS (8477).

Arifi Saiman, Konsul Jenderal RI di New York yang membawahi wilayah Philadelphia, pagi-pagi telah menggelar siaran langsung lewat Instagram dan mewawancarai Syarif Syaifullah, youtuber yang rajin meliput kegiatan diaspora Indonesia di Philadelphia. Pihak KJRI tak lupa menyebarkan imbauan agar berhati-hati dan memberikan laporan ke 5 nomor telepon berikut ini: 347-806-9279; 646-491-3809; 646-238-8721; 929-366-9842; 929-329-4872. (DP)

 

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *