Press "Enter" to skip to content

Billy Mambrasar Putra Papua Pertama yang Lulus dari Harvard University

Salah satu unggahan di halaman akun Instagram Billy Mambrasar @billymambrasar berhasil dibanjiri ribuan likes dari para netizen. Pasalnya, foto yang dipasang pada tanggal 28 Mei  lalu tersebut adalah foto-foto wisuda dirinya.

Seperti dikutip dari laman MNCTrijaya.com, Billy Mambrasar bukannya lulus dari perguruan tinggi biasa. Ia berhasil lulus dari Universitas Harvard,  Amerika Serikat, salah satu kampus terbaik di dunia yang para lulusannya berhasil menjadi orang-orang ternama. Wisuda itu dilaksanakan oleh ribuan mahasiswa Harvard dari mancanegara pada 26 Mei 2022 silam.

Dalam keterangannya, Billy menuliskan perasaannya yang bercampur aduk ketika mengikuti prosesi wisuda di kampus top dunia tersebut. Tidak hanya itu, Billy Mambrasar adalah putera Papua pertama yang berhasil masuk dan lulus di Universitas Harvard AS. Dalam kesempatan itu, Billy tidak hanya menceritakan kebahagiaannya ketika meraih gelar master dalam Pembangunan Manusia & Psikologi. Billy juga menceritakan betapa senang dan haru kedua orang tuanya saat bisa langsung menyaksikan puteranya diwisuda.

Bersama kedua orang tuanya. (Koleksi video Billy Mambrasar)

Pada unggahannya tersebut, diceritakan oleh Billy bahwa ayahnya hanyalah seorang guru honorer dan ibunya hanya berjualan kue-kue dan Billy sendiri kerap membantu menjajakan kue tersebut dengan cara berkeliling.

“Peran Papa, sangat berarti dalam perjalanan pendidikan dan karir saya. Beliau selalu memprioritaskan pendidikan kepada seluruh anak-anaknya. Gaji beliau yang hanya 100 ribu per bulan saat itu, jauh dari kata cukup. Di situlah mama membantu dengan membuat jajanan pasar untuk dijual. Saya pun sejak kecil sudah membantu mama untuk berjualan,” Tulis Billy dalam di salah satu paragraph dalam judulnya.

Dalam unggahan tersebut, terdapat salah satu video di mana Papa dan Mama Billy memeluk dan mencium anaknya  dengan bangga pada saat prosesi wisuda. Seperti yang dituliskan oleh Billy pada konten tersebut, doa tulus serta didikan orang tuanya membuatnya gigih dan berhasil masuk ke perguruan tinggi ternama.

“Doa tulus dari Papa & Mama, serta didikan Papa sejak saya kecil hingga sekarang membuat saya mampu untuk memperjuangkan cita-cita saya. Mulai dari masuk ITB, lanjut ke Australian University, Oxford sampai bisa lulus dari Harvard University bahkan menjadi putra Papua pertama di kampus ini,” Tulis Billy.

Bersama rekan-rekan satu fakultas saat wisuda (rekaman Video)

Selain di Instagram, Billy Mambrasar juga mengabadikan momen-momen prosesi wisudanya di Kanal YouTube pribadinya ‘Gracia Billy Mambrasar’. Billy berharap dapat menularkan semangat kepada anak-anak dan pemuda Indonesia agar termotivasi untuk mengejar Pendidikan setinggi-tingginya.

Selain berprestasi Billy Mambrasar juga dikenal sebagai salah satu Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Sebagai seorang pegiat dan penggerak pendidikan di Tanah Papua, pria kelahiran Serui Papua ini, mendirikan Yayasan Pendidikan Non-Formal yaitu Kitong Bisa sebagai bentuk perhatiannya terhadap pendidikan di Indonesia, khususnya di Tanah Papua. (Disadur dari artikel Trijaya MNC)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *