Press "Enter" to skip to content

Ratu Elizabeth Alexandra Mary Windsor: 1926-2022

Ratu Elizabeth II wafat pada hari Kamis 8 September 2022. ‘’Ibu Ratu mangkat dengan damai di Istana Balmoral, kediamannya di Scottish Highlands,’’ bunyi pernyataan resmi keluarga Kerajaan Inggris. ‘’Raja Charles, putranya, kini berada di Balmoral dan akan kembali ke London, Jumat besok,’’ lanjut pernyataan resmi itu.

Untuk pertama kalinya Charles disebut sebagai Raja Inggris. Bukan lagi Pangeran, seperti sebelumnya,  sebab Charles otomatis menyandang gelar Raja Inggris tanpa melalui upacara penobatan. Ia menjadi penerus Tahta Kerajaan Inggris, sesuai keputusan Ratu Elizabeth II pada tahun 2018. Selain itu, Charles juga menyandang gelar pembela agama dan Gereja Tertinggi Inggris Raya. Tak hanya itu. Charles yang berusia 73 tahun, menjadi Kepala Negara Persemakmuran 54 negara Persemakmuran.

Sehari sebelumnya, tim kesehatan Kerajaan Inggris telah menyarankannya agar ratu berusia 96 tahun itu diawasi ketat. Ternyata saran itu bermanfaat, dan Ratu Elizabeth II wafat di Istana Balmoral, kediamannya di Scottish Highlands. Ratu yang lahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary Windsor di London pada 1926 itu, menjadi ratu menggantikan Edward VIII, pamannya. Tapi Edward tak bisa menjadi raja, karena batal setelah ia menikah dengan Wallis Simpson, janda asal Amerika Serikat yang bukan berdarah biru.

Akhirnya tahta kerajaan yang dipegang George VI, ayahnya, mau tak mau diberikan ke tangan Ratu Elizabeth II, putrinya yang berusia 10 tahun. Baru pada 2 Juni 1953, saat usianya 27 tahun Elizabeth dinobatkan sebagai Ratu Inggris. Dua tahun setelah menjadi ratu,  Elizabeth II menikah dengan pemuda pujaannya Pangeran Philip of Greece and Denmark, yang dicintainya sejak remaja. (DP)

3 Comments

  1. Shelia Shelia April 9, 2024

    I have read so many articles or reviews on the topic of the blogger
    lovers but this piece of writing is truly a pleasant paragraph, keep it up.

  2. Thanks for your marvelous posting! I genuinely
    enjoyed reading it, you will be a great author.I will always bookmark
    your blog and may come back down the road. I want to encourage continue
    your great posts, have a nice weekend!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.