Press "Enter" to skip to content

Sejumlah Ormas AS & Indonesia Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur Pekan Lalu

Penyaluran bantuan korban gempa Cianjur kembali dilaksanakan serentak sejumlah organisasi masyarakat di Indonesia dan AS, Minggu, 27 November 2022. Enam mobil membawa penyaluran bantuan tahap 2 kali ini, yang diperuntukkan bagi balita dan anak-anak untuk daerah-daerah yang sulit terjangkau.

Di Posko yang terletak persis di depan Apotik Kimia Farma Jl. Dr. Muwardi, Bojong Herang, Cianjur, nampak masih banyak pengungsi tinggal di tenda terpal yang merembes bila turun hujan.

Kesulitan yang dialami tim penyaluran dana bantuan, adalah kemacetan dan sulitnya mencapai lokasi sasaran. Karena sulitnya akses masuk, distribusi dilanjutkan besok Senin 28 November dan logistik disimpan di posko di Cieundeur, Warungkondang.

“Permintaan terbanyak adalah bantuan bagi balita dan anak-anak. Karena itu, selain sembako, kami menyediakan pampers, selimut, sarung, minyak kayu putih, sampai makanan bayi,” ujar Suheryatno, pimpinan posko gabungan.  “Kami akan terus koordinasi sesuai keperluan dan respon sebaik-baiknya,” jelasnya bersemangat.

Lafmairta Quattrone, seorang warga Indonesia dari California mengatakan, meskipun prihatin, ia optimistis Cianjur cepat pulih. Ia juga memuji spontanitas berbagai komunitas untuk langsung menggalang bantuan serta gerak cepat pemerintah. “Kami mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya atas jatuhnya korban gempa di Cianjur,” ujar Lafmairta Quattrone melalui sambungan telepon.

“Namun saya yakin, semangat kemanusiaan dan sifat tolong menolong bangsa kita, modal terpenting untuk pulih lebih cepat. Terutama dengan dukungan penuh dari Pemerintah yang langsung hadir di hari pertama,” harap Lafmairta atau Ita, Bendahara Amerika Bersatu untuk Indonesia serta pendiri Yayasan Supen-Ardi & Dr. Alfredo Quattrone dari Sacramento, California.

Jaringan tim gabungan yang pernah mengelola Dapur Umum di berbagai titik di Indonesia selama tiga bulan lebih di masa pandemi Covid-19 lalu, juga mengatakan bahwa yang tak kalah penting adalah kontinuitas dukungan, bukan hanya pada sesaat bencana. “Pemulihan juga perlu proses, dan proses ini tidak sebentar. Karena itu, tim kami berkomitmen untuk terus bekerja. Recover stronger, recover together,” tegas Lia Sundah Suntoso dari New York selaku koordinator jaringan pada kegiatan kemanusiaan ini.

Jumlah korban gempa bumi Cianjur hingga Sabtu, 26 November 2022, tercatat 318 orang meninggal dunia. Terdapat 58.049 rumah rusak, 368 sekolah, 144 tempat ibadah, dan 73.693 pengungsi.

Posko ini merupakan kolaborasi dari Perkumpulan Demi Anak Generasi, DAG, Amerika Bersatu Untuk Indonesia, AB1, Perusahaan ‘Teh 2 Tang’, Yayasan Supen-Ardi & Dr. Alfredo Quattrone, California, Yayasan Christopher Widjaja, New Jersey, Kampoeng Indonesia, Pennsylvania, dan Broadway Energy, New York. (Laporan Suparman Widjaja)

Lokasi Posko DAG – AB1 – Teh 2 Tang: 

Posko 1 – Apotik Kimia Farma

Jl. Dr. Muwardi Bypass

Kp. Tanjakan Pala RT 04 / RW 04

Kelurahan Bojong Herang, Cianjur, Jawa Barat

Posko 2 – DPC Demi Anak Generas

Ibu Siti Nuraisah.

Perumahan Graha Metropolis

C4/1, Cieundeur – Warungkondang

Bapak Suheryatno 

Jalan Raya Narogong KM 15

Ruko Limus Pratama Blok B/5

Cibubur, Cileungsi, Jawa Barat

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.