Press "Enter" to skip to content

Diskusi Pasca Siaran Radio BBC Indonesia Menghilang dari Udara

Siaran Radio BBC Indonesia dihentikan. Sejak 1 Januari 2023, radio yang berpusat di London itu tidak mengudara menemani pendengarnya lagi, selanjutnya, formatnya diganti siaran lewat internet atau podcast.

Dalam acara pertemuan daring lewat Zoom oleh Indonesianlantern.com, Minggu 8 Januari lalu, sekitar 20 wartawan BBC Indonesia mengungkapkan cerita di balik penutupan siaran itu. Di antaranya Endang Nurdin, Rohmatin Benazir, Muhammad Susilo, Haryo Ristamadji, Abdullah Alamudi, Eka Budianta. ”Padahal BBC Indonesia meniarkan siaran pertamanya 73 tahun lalu,’’ tutur Abdullah Alamudi, mantan penyiar BBC Indonesia.

Penghentian siaran BBC Indonesia tak terlepas dari langkah yang ditempuh Departemen Luar Negeri Inggris. Lembaga pemerintah Inggris inilah yang mengawasi BBC World Service yang terdiri dari 42 bahasa asing. Antara lain Bahasa China, Arab, Urdu, Hindi, Thailand, termasuk Indonesia. Semua program itu tidak ada lagi. 

‘’Siaran radio yang biasanya disiarkan pada jam-jam tertentu tiap hari tidak ada lagi, diganti dengan format seperti podcast atau liputan khusus. Belum diputuskan apa bentuknya,’’ tutur Muhammad Susilo. Penyiar senior BBC itu juga menjelaskan bahwa ‘’Pembiayaan dana diperoleh iuran radio yang dibayarkan warga Inggris,’’ jelas Susilo. Dulu, di Indonesia iuran ini pernah ada, tapi sekarang tidak ada lagi.

Yang akan berakhir juga kerjasama BBC London dengan sejumlah radio di tanah air. Beberapa kerjasama ini masih dibutuhkan untuk format internet. Dalam ngobrol santai itu, hadir sejumlah mitra BBC dari Indonesia, di antaranya Etty  Hariyani dari Smart FM Balikpapan, Haryo Ristamaji, Elshinta Jakarta, dan Hidayatullah, kontributor BBC dari Aceh, dan lainnya.

‘’Saya merasa mendapat bimbingan dari BBC London. Terutama dari para seniornya seperti Endang Nurdin, Mohammad Susilo dan Rohmatin Bonasir. ‘’Rasanya saya seperti sekolah,’’ tutur Hidayatullah. Peranan BBC London menyumbang ratusan pesawat radio penerima siaran dari London, untuk dibagi-bagikan kepada para korban Tsunami 2016, menjadi pengalaman bersejarah bagi awak BBC Indonesia.

Untuk menyaksikan diskusi lengkap yang berlangsung selama dua jam, silakan klik tautan diskusi BBC London di atas. Juga siaran terakhir BBC Indonesia berjudul ”Kisah Tujuh Dekade Radio BBC Indonesia” sebelum menghilang dari sinyal radio untuk selamanya. Mengharukan. (DP)

 

8 Comments

  1. Excellent beat ! I wish to apprentice at the same time as you amend your web site,
    how can i subscribe for a blog website? The
    account aided me a applicable deal. I were a little bit familiar
    of this your broadcast offered shiny transparent idea

  2. Hindi Language Hindi Language April 10, 2024

    Amazing issues here. I’m very satisfied to look your post.
    Thanks a lot and I’m looking forward to touch you. Will you please drop me a mail?

  3. Hindi Language Hindi Language April 10, 2024

    You ought to be a part of a contest for one of the most useful sites on the web.
    I will highly recommend this blog!

  4. Pretty section of content. I just stumbled upon your site and in accession capital
    to assert that I acquire in fact enjoyed account your blog posts.

    Any way I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently fast.

  5. diflucan te koop in Gent diflucan te koop in Gent April 12, 2024

    Wow, marvelous weblog structure! How long have you been running a blog for?
    you made blogging glance easy. The full glance of your website is wonderful, as smartly as the content material!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.