Press "Enter" to skip to content

Menghapus Data Pribadi di Dunia Maya Ternyata Tidak Gampang

Mendapati data pribadi di internet digunakan orang lain sangat menyebalkan. Apalagi bila data itu digunakan untuk menipu atau minta sumbangan, mencari pasangan hidup dan keperluan lainnya. 

‘’Benar-benar mengesalkan bila nomor telepon kita terpasang di internet, dan banyak yang tahu kita sudah menikah,’’ kata Stephen B. Wicker, professor of electrical and computer engineering di Cornell University kepada stasiun televisi CNBC. Nama anggota keluarga, properti, nama bank dan lainnya terpampang di internet, bahkan banyak yang menggunakan data untuk pemerasan, pelecehan seksual dan lainnya.

Ada beberapa cara untuk menghapus data diri anda di internet.

Google:

Google punya alat ‘’Results about you’’ yang menghapus nama dan data pribadi anda dari mesin pencari Google. Meskipun tidak semua data yang bisa dihapus dari jaringan internet. Anda bisa meminta Google untuk menghapus data dari mesin pencari Google Search, atau menghubungi pemilik situs atau website dan meminta agar data diri anda dihapus.

Situs-situs berbayar:

Seperti DeleteMe, Kanary dan OneRep atau lewat situs Spokeo, MyLife.com dan Radaris memungkinkan konsumen meminta agar data anda dihapus dari database mereka. Tarifnya mulai dari $ 7.00 (setara Rp 105 ribu) hingga $ 129 (sekitar Rp 20 juta) setahun.

Sementara DeleteMe menawarkan $ 129 per orang per tahun. Kanary juga menawarkan $ 105 per orang per tahun, dan untuk satu keluarga terdiri dari dua orang $ 150 per tahun. OneRep punya tarif hampir $ 100 setahun satu orang, dan $ 180 untuk enam orang. OneRep mengaku telah menghapus 5 juta rekaman nama dan data pribadi lainnya, sedangkan OneRep menghapus 2.389 informasi pribadi rata-rata, selama dua tahun.

Data Pribadi Sulit Dihapus

Pada dasarnya sulit menghapus data pribadi seseorang. Informasi tertentu seperti catatan kejahatan umum, seperti kriminalitas dan kejahatan seksual, sulit dihapus. Selain itu, sejumlah situs di internet yang berkantor di luar AS, tidak menawarkan prosedur penghapusan data pribadi. Di AS menghapus data lebih minim dibandingkan di Eropa yang memiliki privasi lebih kuat.

‘’Pada dasarnya, sekali nama anda tercantum di beberapa situs, maka data pribadi anda bakal sulit dihapus,’’ tutur Adam K. Levin, salah satu pengacara konsumen dan mantan Direktur Divisi Konsumen di New Jersey.

Karena itu, sebaiknya anda selalu waspada bila berhubungan dengan provider atau perusahaan telepon atau internet berbayar yang anda gunakan. ‘’Sebaiknya selalu waspada,’’ ujar Stephen B. Wicker, professor computer engineering and electrical di Cornell University. (DP)

11 Comments

  1. Just desire to say your article is as amazing.
    The clarity in your post is just spectacular and i can assume you are
    an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab
    your feed to keep updatdd with forthcoming post. Thanks a million and please
    continue the rewardinmg work.

    Here is my webpage … https://supportvavada.populiser.com/

  2. Post905956 Post905956 February 21, 2024

    alwawys i used to read smaller content whicch also clear their motive, and that is also
    happening with this paragraph which I am reading here.

    Also visit my blog post … Post905956

  3. I have been browsing online more than three hours as of late, but I by no means found any attention-grabbing article like yours.
    It is beautiful value enough for me. Personally, if all site owners and bloggers made just right content material as
    you did, the web will likely be much more useful than ever before.

  4. You can definitely see your enthusiasm within the article you
    write. The arena hopes for even more passionate writers such as you who aren’t afraid to say
    how they believe. All the time follow your heart.

  5. Spot on with this write-up, I actually believe that this website needs a lot
    more attention. I’ll probably be back again to read more, thanks for the info!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.