Press "Enter" to skip to content

Cerita Dua Mahasiswa Indonesia Kuliah di Universitas Pennsylvania, Philadelphia

Mohamad Djodi Hardi Prajuri dan Agaputra Ihsan, adalah dua dari puluhan mahasiswa Indonesia yang kuliah di AS. Mereka yang kini kuliah di Universitas Pennsylvania di Philadelphia itu, bercerita tentang pengalaman mereka selama kuliah di salah satu universitas paling bergengsi di AS. 

‘’Yang terpenting, para mahasiswa jangan ragu menghadapi tantangan untuk kuliah di luar negeri. Jangan takut dan merasa rendah diri dengan mahasiswa lain dari negara lain,’’ tutur Djodi Hardi Prajuri, yang tengah menjalani studi master bidang pendidikan di University of Pennsylvania di Philadephia, PA.

Moh. Djodi Hadi Prajuri (koleksi pribadi)

Hal yang sama diutarakan oleh Agaputra Ihsan yang kuliah di AS lewat jalur jenjang LPDP, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dari Kementerian Keuangan Indonesia. ‘’Kami harus mempersiapkan mental setelah lolos dari seleksi,’’ kata Agaputra. ‘’Antara lain pindah ke negara baru, memiliki teman-teman baru. Tidak lagi di rumah sendiri, juga kebiasaan di tanah air, perlu persiapan mental,’’ tambah Agaputra Ihsan Soepangat, putra pasangan Dr. Emanoel Oepangat dan Dr. Rizni. 

Agaputra Ihsan (koleksi pribadi)

Mereka sama-sama yakin bahwa rekan-rekan mahasiswa di Indonesia mampu menembus ke perguruan tinggi AS, asalkan mereka yakin dan tahu apa yang harus dilakukan. Berikut ini penuturan kedua mahasiswa Indonesia yang meninggalkan tanah air untuk studi di AS. (Emil Damsyik/DP)

 

3 Comments

  1. Jorg Jorg April 10, 2024

    Hello, I enjoy reading all of your post. I wanted to write a little comment to support you.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.