Press "Enter" to skip to content

Angklung Indonesia Menggoyang ‘The 32nd Asian Culture Festival’ di Florida

“Shake it off…shake it off…shake it off…”, demikian sebait lagu “Shake it Off” nya Taylor Swift yang dinyanyikan oleh Gisela ‘Sela’ Immanuel dari grup ANGKLUNG INDONESIA diiringi oleh getaran suara bambu beradu yang sangat cepat sekali namun terdengar harmonis menggetarkan hati setiap para penonton.

Bahkan, Megasari ‘Mega’ Elisabet, Music Director dan juga Conductornya Angklung Indonesia tak lupa menyelipkan sedikit “Bang Bang” nya Jessie J di bagian ‘bridge’ nya lagu Taylor Swift tersebut. Sebuah aransemen yang sangat brilliant dilakukan oleh Mega dengan memadukan dua buah lagu yang digemari kaum muda milenial di Amerika Serikat ini.

Ratusan penonton yang hadir di acara “The 32nd Asian Culture Festival” serentak menggoyangkan tubuh mereka dan bertepuk tangan seraya mengikuti goyangan Sela, diaspora muda Indonesia, yang masih kuliah S1 di University of South Florida, Tampa, Florida.

Acara ini juga dihadiri oleh pejabat-pejabat lokal Miami-Dade County, mulai dari Mayor Daniella Levine Cava, para Commissioner nya Miami-Dade County (Chairman Oliver G. Gilbert dan Vice Chairman Anthony Rodriguez) dan Duta Besar Thailand yang baru, Ambassador Tanee Sangrat, serta beberapa Konsul Jenderal dari beberapa negara di Asia.

“What is this?”, tanya Mayor of Miami Dade County, Mrs. Cava, kepada salah satu anggota Angklung Indonesia sambil memegang pin angklung yang tersemat di kain ulos yang dia pakai, ketika ada sesi foto bersama dengan beliau sesaat sebelum penampilan kami, dan dengan antusias kami pun menjelaskan tentang angklung sebagai salah satu alat musik tradisional milik bangsa Indonesia yang kita banggakan dan pada tanggal 18 November 2010, UNESCO telah mengakui angklung dari Indonesia as a Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. 

“They are so stunning! We couldn’t have done it without you guys”, demikian Mrs Vaz Tai, Ketua Panitia acara ini, menyatakan kekagumannya dan juga kekaguman para penonton akan penampilan angklung dan juga penampilan kami kedua yang membawakan tarian daerah dari Sumatera Utara yang juga merupakan judul sebuah lagu yang sudah terkenal di Indonesia yaitu “Sinanggar Tulo”.

Sinanggar Tulo bercerita tentang nasehat orang tua kepada anaknya yang sedang kebingungan mencari jodoh agar kehidupannya kelak tidak ada masalah dan dengan anggunnya, 7 penari perempuan Angklung Indonesia yang mengenakan seragam ulos melakukan gerakan-gerakan yang penuh dengan ritme dan tempo mengingatkan kita dengan gerakan boneka ‘sigale-gale’ yang mistis di Pulau Samosir, Sumatera Utara, Indonesia.

“The 32nd Annual Asian Culture Festival” diselenggarakan pada tanggal 4 dan 5 Maret 2023 yang lalu di Tropical Park, Miami, Florida, oleh Thai-American Association of South Florida dan selama dua hari tersebut telah dikunjungi ribuan masyarakat dari kota Miami dan sekitarnya.

Selain penampilan-penampilan seni dan budaya, festival ini juga dimeriahkan dengan vendor-vendor makanan dan minuman serta information booth dari berbagai negara di Asia yang ikut serta, diantaranya Jepang, Taiwan, Korea dan tentu saja dari Thailand sebagai tuan rumah penyelenggara acara seni dan budaya Asia yang terlama di negara bagian Florida ini.

ANGKLUNG INDONESIA merupakan sebuah organisasi nirlaba yang berkedudukan di Tampa, Florida, dan sudah terdaftar resmi di negara bagian Florida sejak tanggal 13 September 2019 yang lalu dan bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan angklung di seluruh pelosok Florida dan juga di kota-kota besar lainnya di Amerika Serikat. (Artikel & Foto: Dharma Datubara, Co-Founder and Executive Director of ANGKLUNG INDONESIA, Inc.)

2 Comments

  1. I’m truly enjoying the design and layout of your site.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come here and visit more often. Did you hire out a developer to create
    your theme? Great work!

  2. Hey there would you mind letting me know which web
    host you’re working with? I’ve loaded your blog in 3 completely different internet browsers
    and I must say this blog loads a lot quicker then most.
    Can you recommend a good hosting provider at a fair price?
    Many thanks, I appreciate it!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.