Press "Enter" to skip to content

Tips Mendapatkan Layanan Perbankan & Kesehatan di Philadelphia

Bagi sebagian kalangan pergi ke Amerika adalah suatu hal yang wah terlepas dari tujuannya untuk dinas, liburan ataupun mencari nafkah. Kenyataannya begitu menjejakkan kaki di Amerika langsung berhadapan dengan sistem yang berbeda hampir seratus delapan puluh derajat, mulai dari tatanan sosial masyarakatnya, sistem keuangan dan perbankan hingga kesehatan.  

Citizens Bank cabang Whitman Plaza.

Masyarakat Indonesia yang merantau ke Amerika Serikat khususnya ke kota Philadelphia kadang menghadapi masalah keseharian yang cukup membuat pusing kepala. Sebagai contoh sistem pembayaran dan transfer uang di sini sudah banyak beralih ke non tunai (cashless) baik itu melalui aplikasi seperti Zelle, Venmo, Wise atau kartu kredit dan debit.  

Rerata warga Indonesia yang baru datang masih mengandalkan uang tunai dan kartu kredit yang diterbitkan bank di Indonesia, sedangkan kartu debit dari bank di Indonesia tidak bisa dipakai untuk transaksi daring yang memakai aplikasi lokal Amerika. Banyak yang belum tahu ada beberapa bank di Philadelphia yang melayani pembukaan rekening hanya berdasarkan paspor saja, di antaranya Citizens Bank cabang Whitman Plaza, telp: 215-952-0682 dan Santander cabang Oregon Avenue, telpon: 215-334-2718. 

Santander Bank, cabang Oregon Avenue.

Begitu pula untuk urusan kesehatan hanya sedikit yang tahu bahwa di Amerika Serikat juga terdapat sejenis puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) yang bernama Health Center. Di Philadelphia saja terdapat sembilan Health Center yang berada di bawah kendali Department of Public Health dari kantor walikota Philadelphia.  

Seluruh warga yang tercatat sebagai penduduk kota Philadelphia, terlepas dari status keimigrasiannya, bisa dan berhak mendapatkan layanan kesehatan dari Health Center. Syarat untuk mendapatkan layanan kesehatan dari Health Center adalah penduduk kota Philadelphia yang dibuktikan dengan Social Security atau bisa juga dengan City ID.  

  • Syarat untuk mendapatkan City ID Philadelphia adalah mempunyai paspor dan proof of residency, seperti tagihan listrik, air atau gas, surat atau tagihan rumah sakit, perjanjian sewa rumah atau laporan rekening dari bank. Bagi warga Indonesia yang baru datang, maka yang paling mudah didapatkan adalah surat atau laporan rekening dari bank saat menjadi nasabah. Dari fakta-fakta tersebut di atas bisa diringkas sebagai berikut : 
    • Buka rekening bank dengan membawa paspor dan uang tunai untuk setoran pertama minimal $ 25.00. 
    • Bank akan mengirimkan surat ke rumah dan surat tersebut bisa digunakan sebagai proof of residency 
    • Untuk pembuatan City ID kunjungi situs: phila.gov/program lalu pilih jadwal kedatangan di balai kota Philadelphia dengan membawa paspor dan proof of residency. Pembuatan City ID dikenakan biaya $10 yang dibayar tunai. 
    • Setelah mendapatkan Philadelphia City ID kunjungi Health Center yang terdekat dari rumah dengan membawa City ID untuk mendaftarkan diri. Selesai pendaftaran akan diberikan Patient Registration Card yang harus dibawa saat hendak berobat. 

    Berikut ini adalah lokasi Health Center di Philadelphia :
    https://www.phila.gov/services/mental-physical-health/city-health-centers/ 

    Harus diingat bahwa City ID ini hanya berlaku di dalam kota Philadelphia saja, tidak berlaku di luar kota atau di negara bagian lain. Tetapi dengan memiliki City ID dan kartu untuk berobat di Health Center, sedikit banyak akan membantu dalam aktifitas sehari-hari di kota yang berjuluk City of Brotherly Love. (Jean Gerardino) 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.