Press "Enter" to skip to content

Nadia Kahf, Wanita Berhijab Pertama yang dilantik jadi Hakim Tinggi

Seorang pengacara bernama Nadia Kahf, di Wayne, New Jersey dilantik menjadi Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Passaic County, New Jersey pekan lalu. Pelantikan itu menarik perhatian kaum Muslim dunia, karena Nadia adalah hakim wanita yang mengenakan hijab saat pelantikan. Nadia diambil sumpahnya dengan meletakkan tangannya di atas Kitab Suci Al Quran.

Pelantikan itu mendapat penghormatan dan pujian di sosial media di dunia Islam. Apalagi, Nadia dilantik di depan anak-anak, orang tua, dan suaminya serta puluhan pendukung yang memenuhi ruang sidang. Tak heran pelantikan itu mendapat perhatian luas dari luar negeri. Sebab Kitab Suci Al Quran yang digunakan itu, ternyata hasil karya tulis tangan nenek buyutnya pada tahun 1880-an.

Di antara berita utama di harian Maroko, India dan Turki, tercatat pula harian Sinar Daily dari Malaysia. ‘’’’Nadia Kahf menjadi hakim berhijab pertama di New Jersey,’’ tulis harian Malaysia itu.

Dalam kata sambutannya, Nadia merasa bangga mewakili komunitas Muslim dan Arab di New Jersey dan AS. ‘’Saya berharap agar generasi muda menyaksikan bahwa menjalani agama Islam tanpa rasa takut. Kita bisa menjadi apa saja. Perbedaan menjadi kekuatan kita. Bukan lagi menjadi kelemahan,’’ kata Nadia dalam pidatonya. 

Satu lagi adalah Dalya Youssef, pengacara keluarga yang dilantik menjadi anggota Superior Court di Somerset County, New JerseyPelantikan kedua perempuan itu, disambut hangat oleh kaum wanita terutama muslim di AS. ‘’Mereka berdua membawa kebanggaan sekaligus inspirasi bagi kami untuk melanjutkan layanan terhadap warga Muslim,’’ tutur Rana Sabach, manajer layanan sosial di Masjid Paterson. ‘’Sangat bersejarah,’’ lanjutnya.

Selain mereka, ada juga Sharifa Salaam dan Kalimah Ahmad yang menjadi hakim di Superior Court di Essex dan Hudson County. Sementara tiga hakim lainnya: Sohail Muhammad di Passaic County, Rahat Babar di Mercer County, dan Hany Mawla di Appellate Division. (DP)

 

7 Comments

  1. great issues altogether, you simply gained a emblem new reader.

    What would you recommend in regards to your
    put up that you made some days in the past?
    Any positive?

  2. Marian Marian April 8, 2024

    It’s hard to find experienced people about this subject, but you sound like you know what you’re talking about!
    Thanks

  3. I’ll immediately snatch your rss feed as I can not find
    your email subscription link or e-newsletter service.
    Do you have any? Please permit me recognise in order
    that I may just subscribe. Thanks.

  4. I’m excited to uncover this site. I want to to thank you for
    ones time due to this wonderful read!! I definitely appreciated every
    little bit of it and I have you bookmarked to see new stuff on your website.

  5. I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really
    nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your site to come back later.
    All the best

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.