Press "Enter" to skip to content

Presiden Joko Widodo Sholat Ied di Wisma Bayurini, Istana Bogor

Presiden Joko Widodo berserta keluarga menghabiskan waktu Lebaran di Istana Bogor. Bahkan, Jokowi melakukan Salat Idul Fitri di halaman Wisma Bayurini, Istana Bogor. Presiden dan Ibu Iriana bersama putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep melaksanakan Salat Idul Fitri pada hari ini. Salat Id dipimpin oleh Ketua DKM Masjid Baitussalam Istana Kepresidenan Bogor Muhammadun pada pukul 06.32 WIB.

Salat tersebut hanya diikuti oleh sejumlah kecil pegawai istana. Antara lain Komandan Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Kolonel Inf Achiruddin, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Asisten Ajudan Presiden Lettu Inf Mat Sony Masturi, dan Pengawal Pribadi Presiden Lettu Inf Windra Sanur.

Sementara Muhammadun yang menjadi imam dan khatib pada Salat Id, adalah anggota tim pengamanan internal Istana Kepresidenan Bogor. Yang bertindak sebagai Bilal adalah Herawan yang juga merupakan pegawai Istana Kepresidenan Bogor. Setelah melakukan salat sekitar pukul 06.52 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi beserta Kaesang Pangarep kembali ke Wisma Bayurini.

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), pemerintah memang mendorong untuk melakukan Salat Id di rumah. Hal itu sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Sebelumnya dalam Takbir Virtual Nasional, Jokowi berharap ikhtiar tersebut dapat mengeluarkan Indonesia dari kondisi pandemi saat ini. Jokowi juga bilang Idul Fitri di tengah pandemi mendorong umat muslim untuk melakukan ibadah lain. “Hari raya di tengah pandemi ini menambah peluang bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah lainnya untuk menyambut idul fitri. seperti melaksanakan zakat fitrah dan memperbanyak sedekah,” kata Jokowi, Sabtu (23/5).