Warga Indonesia di Philadelphia, diberi kesempatan untuk mendapatkan Kartu Tanda Pengenal Philadelphia. Kartu yang biasa disebut Identitas atau ID Philadelphia ini cukup penting bagi warga Diaspora Indonesia yang mayoritas belum mendapatkan status resmi di AS. 

Dengan memiliki kartu Identitas ini, pemegang dapat memanfaatkan berbagai kemudahan. Di antaranya membuka akun bank, yang diperlukan untuk mengirim dana ke tanah air atau ke mana saja. Bahkan banyak tersedia sejumlah sarana gratis lainnya.

”Sangat bermanfaat jika kita ke rumah sakit, univesitas, sekolah, tempat kursus, atau tempat bekerja dan lainnya,” tutur Riani Abdul Rasyid. ‘’Rasanya lebih percaya diri. Lagipula membawa paspor takut hilang,” tambah Riani yang telah memiliki kartu ID Philaselphia sejak 5 tahun lalu.

Selain itu, kartu ID yang dikeluarkan Pemerintah Daerah Philadelphia, merupakan salah satu kartu identitas yang dikenal cukup prestisius, bersama kota-kota lain di AS. Di antara kota-kota lain yang mengeluarkan kartu identitas bagi migran asing, antara lain New York, Virginia, Seattle, California dan lainnya. Untuk melayani para migran yang belum berstatus penduduk resmi atau warga AS, pihak PHLCityID bekerjasama dengan sejumlah badan nirlaba atau nonprofit.

Setiap warga asing yang berminat diminta mendaftarkan diri, dan mengisi daftar pertanyaan di link di bawah ini. Barulah mereka akan menghubungi anda untuk menentukan jam dan harinya oleh pihak Pemda Philadelphia. ‘’Jangan lupa cantumkan nomor telepon yang benar, agar petugas kami bisa menghubungi anda,’’ bunyi surat imbauan yang disebar ke beberapa organisasi. 

Yang terpenting, anda cukup membawa paspor Indonesia, bukti tempat tinggal di Philadelphia surat menyurat, rekening bank, kartu Health Center atau rekening telepon, air, listrik dan lainnya yang mencantumkan alamat tinggal. Layanan terbatas!!!

Di antara lima lokasi yang tersedia di Philadelphia, ada satu lokasi yang mudah dijangkau warga Diaspora Indonesia di Philadelphia. Yaitu Aula Gereja  St. Thomas Aquinas, 1719 Morris Street, PA 19145. Pada hari Sabtu tanggal 1 April, 2023, mulai pukul 10.00 pagi hingga 2.00 siang. Dan membawa uang $ 10.00. 

Sekali lagi, anda lebih dulu harus mengisi formulir yang tersedia di link berikut ini, untuk menentukan waktu dan jammya!! Kemudahan ini hanya tersedia bagi anggota Diaspora Indonesia yang tinggal di Philadelphia. Mereka yang tinggal di luar Philadelphia, tidak dapat dilayani.

Perlu diketahui bahwa memiliki Kartu Identitas Philadelphia ini, tidak secara otomatis anda menjadi warga AS atau meninggalkan kewarganegaraan Indonesia. Kartu ID ini hanya sebagai tanda pengenal Warga Philadelphia saja. 

Link pendaftaran ID Philadelphia

Selain di South Philadelphia ada beberapa lokasi lain yang tersedia berikut ini:

– DBHIS, 801 Market Street 19107, April 4th, 2023, (1:00PM-3:00PM)

–  West Philadelphia YMCA, 5120 Chestnut St, 19139, April 14th, 2023 (10:00AM-12:00PM)

–  Elegance Xtreme Inc/Positive Choices, 5700 Haverford Ave 19131, April 15th, 2023 (10:AM-2:00PM)

–  Prevention Point Philadelphia, 2913 Kensington Ave, 19124, April 18th, 2023 (12:00PM-2:00PM)

–  NPDC, 7104 Frankford Ave 19135, April 20th, 2023 (10:00AM-1:00PM)

– Centro Cristiano La Vid de Yeshua, 6422 Dickens Ave 19142, April 22, 2023 (10:00AM-1:00PM)

–  Office State Rep. Chris Rabb, 7210 Ogontz Ave 19138, April 27th, 2023 (11:00AM-1:00PM)

(DP)

 

 

 

.

View Comments

  • I am glad i got to find your THIS site. I have been examining out a few of your articles and its pretty stuff to read. I will surely bookmark your blog to make sure I could get an up to date post. You can find more info here 🙂
    regards
    Tel U

  • Hi i am kavin, its my first time to commenting anyplace,
    when i read this paragraph i thought i could also make comment due to this sensible piece of writing.

  • This article will assist the internet users for building up
    new webpage or even a weblog from start to end.

  • Nice post. I learn something harder on various blogs every day. It will always be stimulating to learn content off their writers and rehearse a little something from their site. I’d want to use some together with the content on my own blog whether you don’t mind. Natually I’ll provide you with a write my assignment for me to your internet blog. Many thanks for sharing.

  • I completely agree with JaneDoe123! Using a Kindle for learning Japanese is a fantastic idea. I've been using mine for a while now, and it has transformed the way I study. The ability to highlight and make notes right on the screen is so useful for language learners.

    Looking to sell your house fast in Washington, DC? Our experienced team specializes in quick and hassle-free property transactions, ensuring you get a fair cash offer without the typical delays and uncertainties of the market.

1 2 3 5

Recent Posts

Di Balik Kisah Gaza: Ratusan Mahasiswa Ditangkap, Apa Kata Koalisi HAM?

Aksi Israel di Gaza membuat banyak mahasiswa di hampir seluruh penjuru dunia bangkit dan protes.…

3 days ago

Satay Bistro, Kuliner Indonesia di Philadelphia, Amerika

Satay Bistro, salah satu kuliner Indonesia yang berlokasi di 1240 Spring Garden, Philadelphia, Amerika,  menyajikan…

2 weeks ago

Lebaran di Philadelphia, Amerika 2024 ( Ied Al-Fitr in Philadelphia)

Pada tanggal 10 April 2024, masyarakat muslim Indonesia yang tinggal di Philadelphia dan sekitarnya melaksanakan…

2 weeks ago

Wawancara dengan Tantri Dyah Kiranadewi : Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri KOWANI

  KOWANI adalah salah satu lembaga wanita terbesar di Indonesia. Dalam wawancara yang dilakukan di…

3 weeks ago

Philadelphia City Hall Event : Interfaith Iftar, One Philly, One Stronger Together

During this event, religious and city leaders gathered at Philadelphia's City Hall to participate in…

4 weeks ago

Film Review of Eksil (2022): the stories of the Indonesian exiles

  Di sana tempat lahir beta                  …

4 weeks ago