Friday, December 15, 2017
Home > Diaspora > Community > Kecelakaan bandul di Taman Bermain Ohio

Kecelakaan bandul di Taman Bermain Ohio

Kecelakaan Wahana Berputar di Ohio Tewaskan Satu Satu orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam kecelakaan di sebuah wahana dalam acara Ohio State Fair, Amerika Serikat (AS), Rabu 26 Juli 2017. Kepala Pemadam Kebakaran Ohio Steve Martin mengatakan kepada media lokal para korban terlempar dari wahana berbentuk bandul berputar “Fireball” di kota Columbus. Sedikitnya satu korban luka berada dalam kondisi kritis.

Seperti dikutip BBC, Gubernur Ohio John Kasich mengonfirmasi adanya satu kematian. Ia memerintahkan semua wahana di Ohio State Fair dimatikan hingga ada pemeriksaan keselamatan.  Kasich menegaskan investigasi menyeluruh mengenai kecelakaan fatal ini akan segera dilakukan.




Wahana “Fireball” adalah bandul yang bergerak dari sisi kanan ke kiri. Orang yang berada di bandul tersebut sesekali diputar sambil terus berayun dalam kecepatan tinggi. Di benua Eropa, wahana semacam itu dinamakan “afterburner.” Berbicara kepada awak media, seorang dokter yang mengobati para korban mengatakan, “mereka terlempar dalam kecepatan dan energi tinggi hingga 6 atau 9 meter ke udara. Para korban kemudian jatuh ke tanah dalam jarak yang cukup signifikan dari wahana.” Dia menyebut kecepatan dan energi jatuhnya setara dengan kecelakaan mobil di jalan raya.

Pihak penyelenggara Ohio State Fair mengonfirmasi di Twitter mengenai “laporan kecelakaan di sebuah wahana,” namun tanpa menyebut detail lebih lanjut. Kantor berita WCMH yang terafiliasi NBC melaporkan salah satu korban luka adalah bocah 13 tahun. Beberapa media lokal melaporkan korban tewas adalah remaja 18 tahun. (metrotv.com)