Press "Enter" to skip to content

Mungkinkah Attin Rachmawati Ditemukan Setelah Hilang 3 Tahun Lalu?

Titik terang penuh harap muncul dalam berita Harian Bangor Daily News. Dalam edisinya tanggal 13 Februari 2024 koran itu mengungkapkan bahwa jajaran Kepolisian Maine tengah berada di 888 Washburn Rd, Washburn, Maine, untuk mengungkap kasus hilangnya Attin Rachmawati.
Attin bersama Michael Shaw, suaminya. (Koleksi keluarga Sulistio)
”Pada 13 Februari 2024, jajaran kepolisian, detektif, para ahli forensik bersama Unit Kriminal berada di kediaman Michael Patrick Shaw yang berlokasi di Washburn Road, untuk melakukan penyelidikan,” tutur Shannon Moss, juru bicara Departemen Keamanan Umum Maine.
Attin Rachmawati, tengah bersama ayah dan salah satu adiknya. (koleksi keluarga Sulistio)
Selama tiga tahun lebih, setelah pindah ke Maine, tidak ada kabar dari Attin yang kini berusia 37 tahun. Dalam komunikasi terakhir dengan Anita, adiknya, yang tinggal di Yogyakarta Agustus 2021, Attin berniat mencari kerja.
Sebelumnya Attin pernah bekerja di beberapa tempat, di antaranya di restoran Pizza, atau membersihkan rumah kosong. Tapi karena bosan, Attin ingin pindah pekerjaan lain. ‘’Awalnya berniat sekali, tapi lama-lama ia enggan karena malas membuka iklan lowongan kerja,’’ tutur Anita, adiknya kepada Indonesianlantern.com
Michael Patrick Shaw bersama Sulistiyo, ayah mertuanya di acara pernikahannya. (koleksi keluarga Sulistio Wiyoto)

Awal September 2021, Attin, kelahiran Biak, Papua itu masih sempat mengobrol ringan dengan ibunda dan adiknya. Sejak itu tidak ada komunikasi lagi dengan keluarganya di Indonesia.

Sulistio Wiyoto, ayahanda Attin pun berinisiatif menghubungi Mike, menantunya lewat Whatsapp. Mike Patrick Shaw yang pernah bekerja sebagai guru matematika dan ilmu pasti di Biak Papua itu, memberi kabar yang intinya menyebutkan, Attin meninggalkan rumah saat Mike berbelanja kebutuhan rumah tangga di pagi hari 8 September 2022. Pada saat kembali ke rumah, pak guru itu tak menemui istrinya lagi. ‘’Malam sebelumnya Attin mengemasi pakaiannya ke dalam kopor,’’ tulis Mike kepada ayah mertuanya.

Berlibur bersama Mike Shaw. (koleksi keluarga Attin)
Tentu saja, hal ini mengejutkan keluarga di Indonesia. Lebih-lebih setelah Michael Patrick Shaw, suami Attin, menuturkan bahwa pada malam sebelum Attin menghilang, pasangan suami istri itu sempat berbincang santai membicarakan niat Attin mencari pekerjaan di luar. Tapi niat itu dicegah Mike. Keduanya saat itu menonton film India kesukaan Attin. Wanita mungil berparas cantik itu, tampak tenang dan suasana hatinya kelihatan membaik, saat berangkat tidur.
Lalu tiba-tiba Attin menghilang. Menurut pengakuan Mike, ia bergegas ke kantor polisi untuk melaporkan kehilangan istrinya. ‘’Saya yakin Attin akan pulang, mengambil barang-barangnya dan pergi lagi,’’ tulis Mike kepada ayah mertuanya.
Lama tak ada kabar, Sulistio kembali menghubungi Mike, pada 12 Juli 2023. Menantunya menjawab cukup panjang dengan bahasa Inggris yang diterjemahkan Sulistio lewat alat penerjemah yang didapatnya ketika Mike masih bekerja di PT Freeport Indonesia di Papua dulu.
Dalam balasan Whatsap, Mike memperkirakan bahwa Attin pasti kangen dengan keempat anaknya: Zakiy Shaw, Zorion John Shaw, Zulfikar Jeffrey Shaw dan Zain Michael Shaw. Dalam balasan itu, Mike juga menuliskan bahwa ia curiga istrinya, menjalin hubungan gelap dengan pria lain  ”Saya menduga keras, besar kemungkinan istriku punya hubungan dengan lelaki lain. Pria itu tidak tahu Attin sudah punya 4 anak,’’ tulis Mike.
‘’Hubungan mereka begitu dalam, sehingga Attin menyembunyikan identitas dirinya dan keempat anaknya,’’ sambung Mike. ‘’Jangan-jangan mereka sudah punya anak,’’ tulis Mike kepada Sulistio dan Ruswatinah, mertuanya.
Attin dan Mike di Indonesia (koleksi keluarga Sulistiyo)
Kedua orang tuanya tetap melakukan komunikasi dan hubungan tentang kecurigaan ini. Mereka menghubungi pihak kepolisian setempat, untuk meminta laporan orang hilang. ‘’Tapi mereka menolak permintaan itu karena laporan itu milik Kejaksaan Agung AS,’’ tutur Sulistio kepada indonesianlantern.com.
Lalu bagaimana caranya bila orang tua korban bisa mendapatkan informasi: ‘’Seluruh data kehilangan telah tercatat di sistem komputer kepolisian. Artinya, data itu akan muncul di setiap lokasi. Jika nama korban, muncul dan cocok dengan deskripsi maka kami akan diberitahu,’’ begitu jawaban pihak kepolisian kepada Sulistio.
Sementara itu, Sulistio juga meminta informasi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York yang membawahi wilayah kerja Negara Bagian Maine. Sulistio ingin tahu apakah Attin pernah minta surat keterangan untuk bepergian ke luar negeri? Namun langkah itu gagal, karena pihak KJRI menyatakan bahwa ‘’Informasi dan data itu bersifat sangat rahasia dan tidak dapat diungkapkan, karena harus mematuhi kebijaksanaan Departemen Luar Negeri,’’ tutur Sulistio pada tahun 2023. Sulistio Wiyoto wafat saat memimpin Sholat Subuh karena sakit lambung akut akhir tahun lalu.
Keluarga Sulistio Wiyoto akhirnya menghubungi salah seorang pengacara AS yang menyarankan agar mereka menyewa seorang detektif swasta, namun belum menunjukkan titik terang. Dan, seluruh komunikasi lewat media sosial Facebbok dan Whatssap dengan Michael Patrick Shaw, mantan menantunya telah diputus total. Tidak ada lagi.
Diam dan sunyi seperti suasana di sekitar rumah Attin dan Mike serta ke-4 putranya yang jauh dari keramaian di Washburn, Maine. Tidak ada tetangga yang lokasinya berdekatan. Hingga akhirnya muncul berita penyelidikan petugas kepolisian dan FBI di kediaman Mike, Selasa 13 Februari 2024.   (DP/foto-foto: koleksi keluarga Attin)

3 Comments

  1. Harapan Harapan February 27, 2024

    Apa nama pacar yang diduga Attin? Ini sangat penting bagi masyarakat di Amerika Serikat untuk mengetahuinya.
    ***What is the name of Attin’s alleged boyfriend? It is crucial for people in the United States to know.

    Kami sedang mencari Attin di Amerika Serikat.
    ***We are searching for Attiin in the United States.

  2. Only Wikis Only Wikis March 20, 2024

    Saya berharap jajaran kepolisian dapat segera menemukan Attin dan membawa dia pulang ke keluarganya yang sangat merindukannya. Kami masih mempertahankan rasa harap dan berdoa agar Titik Terang dapat membawa kabar yang menyenangkan tentang keberadaan Attin. Belahan dunianya yang lain, yaitu keluarga di Indonesia, menantikan kembalinya dia dengan penuh harap dan kasih sayang.

  3. Hi there, I found your website via Google whilst looking for a similar
    subject, your web site came up, it appears good. I’ve bookmarked
    it in my google bookmarks.
    Hello there, just was aware of your blog via Google, and
    located that it is truly informative. I’m going to watch out for
    brussels. I will appreciate for those who continue this in future.
    A lot of other people will likely be benefited from
    your writing. Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.