Sunday, December 17, 2017
Home > Achievement > India Luncurkan Aplikasi Cara Berselfie yang aman

India Luncurkan Aplikasi Cara Berselfie yang aman

Pemerintah India menyatakan perang terhadap Foto Selfie atau Swafoto yang banyak menelan korban jiwa. NPR News mengabarkan Selasa (14/11/2017), aksi perang dilancarkan dengan menerbitkan serangkaian imbauan kepada warga India agar tidak melakukna swafoto di tempat-tempat berbahaya. Dan menerbitkan aplikasi anti-selfie di tempat berbahaya.

‘’Memotret selfie memang tidak berbahaya, tapi mengambil foto di lokasi berbahaya, mengancam jiwa anda,’’ kata Rajendran Narayanan ilmuwan sosial di Trichy, India. ‘’Sebagai masyarakat sosial, kita perlu waspada pada hal ini,’’ lanjut Rajendran, bekas dekan senirupa di Universitas Bharathidasan. Sebuah tim studi yang dilakukan Institute of Information Technology, IIIT di New Delhi dengan Carnegie Melon, AS, menemukan sejumlah bukti kuat. 127 orang dilaporkan tewas karena berswafoto sepanjang tahun 2014-2016. Separuh di antaranya, terjadi di India. Beberapa korban yang tewas, antara lain berswafoto bersama binatang buas, di jalur kereta api dan di dalam kendaraan berjalan. Sedangkan korban yang tewas berselfie sambil memamerkan senjata hanay terjadi di AS dan Rusia saja. Karena itulah, tim studi itu menganalisa ‘’Ribuan data berisi lokasi yang dianggap berbahaya di India dan dunia,’’ tutur Ponnurangam Kumaraguru, seorang ilmuwan komputer di IIIT. Tim tersebut juga mengamati foto-foto yang diunggah di linimasa dengan pagar #dangerousselfies dan #extremeselfies, untuk mengidentifikasi latar belakang foto-foto yang dijepret di tempat berbahaya.

Coach (DE)

Bahkan tim studi ini menerbitkan aplikasi baru bernama Saftie, yang diluncurkan Juni lalu, dan bisa diunggah di internet secara gratis Aplikasi canggih itu akan memperingatkan penggunanya bila mereka berada dekat lokasi yang termasuk berbahaya dan berisiko tinggi. Termasuk 127 lokasi di dunia yang pernah memakan korban jiwa. Para pengguna aplikasi dapat ikut berpartisipasi dengan memberikan lokasi lain yang dianggap rawan dan berbahaya. Dan yang paling hebat adalah jajaran kepolisian Mumbai. Sebelum musim penghujan Juni lalu, mereka mengeluarkan peringatan agar tidak berswafoto di lokasi yang memiliki curah hujan tinggi. ‘’Siapa yang nekat berswafoto di tengah hujan lebat?’’   Microsoft Canada