Press "Enter" to skip to content

Anggota Parlemen Usulkan Tes Virginitas bagi para calon mahasiswi Mesir

Elhamy Agina, seorang anggota parlemen Mesir bikin heboh seluruh negeri karena mengusulkan calon mahasiswi menjalani tes virginitas.

CNN mengabarkan Jumat (7/10/2016), kepada harian Mesir Al-Youm al-Sabe’a, anggota legislatif itu mengutarakan, ‘’Setiap gadis yang masuk universitas perlu menjalani pemeriksaan medis, untuk menentukan apakah dia masih gadis. Hasil pemeriksaan dokter harus ditunjukkan saat mendaftarkan diri,’’ kata Elhamy Agina.

Pernyataan itu kontan menuai kritik dari pelbagai pihak. Organisasi nirlaba, aktivis perempuan dan Dewan Nasional Perempuan Mesir, NCW. ‘’Pernyataannya menyerang kaum wanita dan warga Mesir umumnya,’’ tutur Maya Morsy, ketua NCW kepada harian Al-Masry Al-Youm.

Menghadapi kecaman itu, Elhamy Agina malah menantang para pengritiknya. ‘’Jika keputusan ini membuat kalian marah, maka kalian khawatir bila dia menikah tanpa izin,’’ kata Elhamy. Namun, awal pekan ini, Elhamy buru-buru minta maaf. ‘’Maafkan atas kesalah pahaman ucapan saya. Itu hanya saran dan komentar seketika dari saya,’’ kata Elhamy dalam sebuah wawancara televisi lokal. ‘’Perempuan Mesir adalah ibuku, saudara perempuanku dan anakku,’’ sambungnya.

Bukan kali ini saja Elhamy Agina bikin heboh. Bulan lalu, Elhamy mengeluarkan pernyataan yang intinya agar kaum hawa Mesir harus dikhitan, sesuai ajaran Islam,’’ katanya. ‘’Kalau tidak, maka tidak seorang lelaki pun yang mampu di ranjang,’’ sambung Elhamy. Bahkan, anggota legislatif itu juga meminta agar para ibu anggota parlemen Mesir mengenakan hijab saat berada di gedung parlemen. Tak jelas, apakah waktu itu Elhamy minta maaf. DP

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *