Press "Enter" to skip to content

Angelica Yudasto: Wanita, Tubuh, dan Sensualitas

Berbincang dengan Angelica Yudasto selalu menyenangkan. Ia ramah dan terbuka. Jika sebelumnya saya bertemu di sebuah café di  daerah Inwood, kali ini saya bekunjung ke apartemennya di kawasan Washington Heights, New York. “Selamat datang. Akhirnya sampai juga ke sini,” katanya menyambut hangat di tengah rinai hujan dan udara yang dingin.

Ruang tamu apartemen tiga kamar di lantai tiga itu mirip studio. Di setiap dinding, juga lantai, terdapat lukisan baik yang sudah selesai maupun yang menanti sentuhan alhir. Begitu juga di kamarnya. Selain lukisan dengan media canvas, juga banyak yang menggunakan frosted mylar, mirip plastik transparan.

Saya perhatikan satu demi satu lukisan yang ada di ruangan itu. Berbeda dengan lukisan  yang saya lihat selumnya, yang lebih banyak figuratif dengan sosok perempuan telanjang, kali ini ruangan itu didominasi dengan lukisan abstrak. “Tapi tetap ada unsur atau bagian tubuh wanitanya,” kata Angelica menerangkan. Ya, ya. Karya Angelica memang tidak jauh-jauh dari tubuh wanita.  Alasannya?

Painting female figure has a long history of having a male gaze. I’m trying to subvert and redirect that historical baggage, as a female painter, and reclaim the nude body through painting. It was never male to belong to,” jawabnya. Nah lho, dia mau merebut haknya sebagai pelukis wanita untuk melukis tubuh kaumnya. Selama ini memang lebih banyak laki-laki yang melukis tubuh perempuan telanjang.

So, by creating sexualized image of the figure I am freeing the body in a way that makes them more in control of themselves. And not just passive, objectified figure — mean to please the man. As a feminist, I am dealing with painting to express my ideas in a cathartic manner,” ujar Angelica yang menguasai tiga bahasa ini (Indonesia-Inggris-Spanol) melanjutkan.

Selanjutnya, bagi lulusan New World School of the Arts (2008-2012) dan  Oregon College of Art and Craft (2012-2016) ini, melukis adalah membuka percakapan. Ia mengeksplorasi tubuh wanita dengan perspektif baru  untuk mengalihkan pandangan umum laki-laki tentang tubuh wanita, sekaligus  membuka dialog tentang seksualitas. “Saya menyatakan diri sebagai pemuja seksualitas, dan  memberi titik masuk pada semua orang, dan  pada akhirnya memperluas pencitraan pengalaman seksual saya untuk menjadi manusia yang tidak terbatas pada jenis kelamin  saja,” katanya.

Mengenai karyanya, seperti diakui sendiri oleh Angelica, lukisannya  mengandung beberapa kontradiksi visual: mereka agresif namun tenang, phallic tapi feminin, berbobot tapi ringan. Ia  menggabungkan campuran detil dan kumpulan tiga dimensi yang membentuk bahasa pelepasan, penumpukan, dan jedanya sendiri. “Karya saya berfungsi sebagai pengingat visual tentang seksualitas ekstatis yang menegur marginalisasi gender yang diobjektifikasi. Apa yang saya coba cermati melalui lukisan kolase saya adalah zaman budaya kita saat ini. Juga  untuk mengubah gambaran perempuan serta untuk  menemukan relevansinya,” katanya.

Intinya, Angelica  dengan karya-karyanya ingin memeriksa kembali isu-isu yang menggambarkan perempuan telanjang dalam lukisan. Dia membahas sosok tersebut dengan cara menantang peran konvensional perempuan yang sering pasif melalui perwujudan histeria dan pelepasan katarsis. Angelica, menurut saya, memperluas pengaruh ekspresionisme abstrak melalui ledakan warna dan bentuk yang menyelimuti ruang yang ditempati tokoh wanita.

Angelica lahir di Lima, Peru, 23 November 1993 dari pasangan Maria Angelica dan Rudy Yudasto. Tak lama di peru, kemudian ke Berlin, pindah ke Jakarta, dan akhirnya bermukim di Miami, Amerika Serikat. Di negeri inilah bakat seni anak pertama dari dua bersaudara ini  mulai tampak. Pada usia 14 tahun dia sekolah menengah atas seni di Miami. Kemudian pindah ke Portland, Oregon, untuk meneruskan di Oregon Collgede of Art and Craft, hingga mencapai gelar  Bachelor of Fine Art (BFA) di bidang lukisan.

Sejak 2011, Angelica Yudasto telah berpartisipasi dalam berbagai acara kelompok termasuk pameran di Wynwood Art District untuk Wet Heat Project di Miami dan juga Hoffman Gallery di Portland. Beberapa penghargaan juga pernah diterimanya, antara lain, Art on the Vine Auction Student Commission (2016), Gamblin Paint Award (2015), mendapat Lois Rosenthal full scholarship, kemudian full summer residency scholarship  dari Haystack Mountain School of Crafts Workshop (2015), serta  berbagai penghargaan lainnya. Pada September 2016 lalu, ia pindah ke New York untuk memperluas dunianya dan eksplorasi seninya.  

Bagi saya, Angelica seperti memaksa kita menghadapi suatu realitas yang justru kerap ditutup-tutupi. Dalam ketertutupan itu, karya seni memang bisa berperan membuka tabu-tabu kemunafikan, kebohongan, dan kepalsuan kita. Lewat karya-karyanya, kita justru dapat belajar menjadi manusia yang lebih baik dan lebuh luhur.

Apa yang diungkapkan dalam seni, tentu juga oleh Angelica, adalah campuran dari macam-macam perasaan, imajinasi, khayalan, impian, dorongan, naluri, ide-ide, pendapat, yang semuanya berpusat pada nilai estetis karyanya. Seniman didorong oleh nilai keindahan, meskipun bukan keindahan dalam pengertian dangkal. Dengan demikian menjadi jelas bahwa karya seni bukanlah fakta telanjang, bukan ideologi, juga bukan filsafat yang sistematis. Maka, kita tidak perlu takut pada seniman dan karyanya.

Seni yang baik memang bisa menimbulkan kontroversi dan kesan provokatif. Sebab biasanya seorang seniman mampu membuka dimensi yang lebih mendalam tentang realitas manusia. Seniman menghayati sedalam-dalamnya realitas dan mengungkapkan dimensi yang terpendam dari realitas itu ke dalam karyanya, entah itu realitas dunia, realitas sosial, atau realitas personal manusia. Pada karya-karya Angelica, antara lain, saya menemukan contoh konkretnya.

“Mau sekali saya pameran di Jakarta. Saya orangnya nggak ribet, kok,” kata Angelica, yang tak lama lagi akan berpameran tunggal di Long Island. “Sekarang saya harus menyiapkan banyak lukisan. Karena tempat pamerannya nanti lumayan besar.”

Selamat berpameran, Angelica!

(Artikel: Kemala Atmodjo. Foto-foto: Kemala A., Koleksi Pribadi Angelica & Oregon College of Art and Craft)

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.