Press "Enter" to skip to content

Dr. H. Soebandrio: Dia tahu ada pasukan yang akan mengambil para Dewan Jenderal

Tak banyak yang tahu apa yang sebenarnya terjadi pada 30 September 1965. Mungkin hanya ada satu saksi mata yang mengalami peristiwa itu. Dia adalah Soebandrio. Wakil Perdana Menteri Indonesia ini dituduh sebagai Durna, karena peranannya dalam pemerintahan Soekarno. Dr. H. Soebandrio menulis buku tentang peristiwa itu dan dibukukan sebelum wafat 2004.

Berikut ini cuplikannya. Bagi yang berminat artikel lengkapnya kirim email ke ddprambadi@gmail.com.

…Ada yang menarik dari pengakuan Soeharto soal pertemuan terakhir dirinya dengan Latief pada tanggal 30 September 1965 malam di RSPAD Gatot Subroto itu. Ia bercerita kepada dua pihak: Pertama kepada wartawan Amerika Serikat bernama Brackman, pada tahun 1968. Saat itu ia ditanya oleh Brackman mengapa Soeharto tidak termasuk dalam daftar jenderal yang akan diculik.

Kepada Brackman dikatakan demikian: ”Memang benar dua hari sebelum 1 Oktober 1965 anak lelaki saya yang berusia 3 tahun (Hutomo Mandala Putera alias Tommy Soeharto) ketumpahan sup panas. Dia lantas dibawa ke RSPAD Gatot Subroto.

Pada 30 September 1965 banyak kawan-kawan saya menjenguk anak saya dan saya juga berada di RSPAD. Di antara yang datang adalah Latief yang menanyakan kondisi anak saya. Saat itu saya sangat terharu atas keprihatinannya pada anak saya. Tetapi ternyata Latief adalah orang penting dalam kup yang terjadi. Jadi jelas Latief datang ke RSPAD bukan untuk menengok anak saya, tetapi untuk mengecek keberadaan saya.”..

**********

 …..Pada tanggal 2 Oktober saya ditilpun langsung oleh Presiden Soekarno dan diberitahu kejadian sehari sebelumnya. Dan hari itu juga saya diperintahkan untuk segera ke Jakarta. Ada pesan Presiden agar saya berhati-hati: Awas, Ban, hati-hati. Pesawatmu bisa ditembak jatuh, pesan Presiden. Tetapi saya tetap kembali ke Jakarta dengan pesawat. Saya tentu saja sempat was was, sebab yang mengingatkan saya bukan orang sembarangan.

Begitu tiba di Jakarta, saya langsung menuju Istana Bogor menemui Presiden Soekarno. Beberapa waktu kemudian saya mengetahui alasan kenapa Bung Karno memperingatkan saya agar saya hati-hati. Sebabnya adalah saat Sri Muljono menuju ke Jakarta, pesawatnya ditembaki di kawasan Tebet sehingga pesawat berputar-putar mencari tempat landasan. Akhirnya pesawat mendarat secara darurat di dekat Bogor….

******

Pengakuan Soeharto itu luar biasa aneh:

1. Di saat Jakarta dalam kondisi sangat tegang ia menyetir mobil sendirian, tanpa pengawal. Jangankan dalam situasi seperti itu, dalam kondisi biasa saja ia selalu dikawal.
2. Ia melewati Jalan Merdeka Timur dan mengaku melihat puluhan prajurit berkumpul dan merasakan sesuatu yang tidak biasa, tetapi tidak dia hiraukan. Sebagai seorang komandan pasukan, tidakkah dia ingin tahu apa yang akan dilakukan oleh puluhan prajurit yang berkumpul pada tengah malam seperti itu?
3. Pada pagi hari 1 Oktober 1965 pukul 05.30 WIB siapa yang bisa mengetahui bahwa baru saja terjadi penculikan terhadap para jenderal? Saat itu belum ada berita televisi seperti sekarang (semisal Liputan 6 Pagi SCTV) yang dengan cepat bisa memberitakan suatu kejadian beberapa jam sebelumnya. Radio RRI saja baru memberitakan peristiwa itu pada pukul 07.00 WIB.

Yang sebenarnya terjadi: Soeharto sudah tahu bahwa pasukan yang berkumpul di dekat Monas itu akan bergerak mengambil para anggota Dewan Jenderal. Toh dia sendiri yang mendatangkan sebagian besar (kira-kira dua-pertiga) pasukan tersebut dari Surabaya, Semarang dan Bandung. Ingat: Soeharto menawarkan bantuan pasukan yang diterima dengan senang hati oleh Untung…

*****

Yang sebenarnya terjadi adalah bahwa tengah malam itu ia tidak pulang ke rumah seperti ditulis dalam buku biografinya. Yang benar: setelah melewati Jalan Merdeka Timur dan melihat persiapan sekumpulan pasukan, ia lantas menuju ke Markas Kostrad. Di Makostrad ia memberi pengarahan kepada sejumlah pasukan bayangan dan operasi Kostrad yang mendukung gerakan pengambilan para jenderal. Dengan kronologi yang sebenarnya ini, maka seharusnya tidak perlu ada cerita Soeharto pulang ke rumah lantas tidur.

Dengan pengakuannya itu Soeharto rupanya ingin menunjukkan seolah-olah ia jujur dengan mengatakan bahwa pada dini hari 1 Oktober 1965 ia memang berada di Makostrad. Tapi prosesnya dari RSPAD, pulang dulu, lantas tidur, dibangunkan tetangga dan diberitahu ada penculikan pukul 05.30 WIB, baru kemudian berangkat ke Makostrad. Kalau Soeharto memposisikan diri sebagai orang yang tidak bersalah dalam G30S, maka pengakuannya itu merupakan kesalahan yang sangat fatal. Sebab tidak mungkin ada orang yang tinggal di Jalan H Agus Salim (tetangga Soeharto) mengetahui ada penculikan para jenderal dan membangunkan tidur Soeharto pada pukul 05.30 WIB.

Padahal penculikan dan pembunuhan para jenderal baru terjadi beberapa menit sebelumnya, sekitar pukul 04.00 WIB. Satu pertanyaan sangat penting dari tragedi pagi buta 1 Oktober 1965 adalah mengapa para jenderal itu tidak dihadapkan kepada Presiden Soekarno. Logikanya jika anggota Dewan Jenderal diisukan akan melakukan kudeta, mestinya dihadapkan ke Presiden Soekarno untuk diminta penjelasannya tentang isu rencana kudeta. Masalahnya tentu bakal menjadi lain jika para jenderal tidak dibunuh, tetapi diajukan kepada Presiden untuk konfirmasi…

Bagi yang berminat artikel lengkapnya kirim email ke ddprambadi@gmail.com

31 Comments

  1. My spouse and I stumbled over here from a different website and thought I might as well check things out.
    I like what I see so now i am following you.
    Look forward to finding out about your web page for a second time.

  2. Its like you read my thoughts! You seem to know a
    lot approximately this, such as you wrote
    the e-book in it or something. I feel that you could do with some percent to force the message house a little
    bit, but other than that, that is excellent blog. An excellent
    read. I’ll definitely be back.

  3. Tsxvresearch.Com Tsxvresearch.Com May 16, 2024

    Hey very spectacular site!! Fellow .. Fantastic .. Extraordinary .. I will bookmark your site and take the feeds additionally�I’m contented to locate so numerous valuable facts present within the post, we’d similar to expand additional methods on this regard, appreciate it for distribution.

    my web page :: http://Tsxvresearch.com/forum/viewtopic.php?f=2&t=140322

  4. Hola! I’ve been following your website for a while now and finally got
    the bravery to go ahead and give you a shout out from Humble Texas!

    Just wanted to say keep up the excellent job!

  5. That is a very good tip particularly to those new to the blogosphere.
    Brief but very precise information… Many thanks for sharing this one.

    A must read post!

  6. I’m really inspired with your writing talents as neatly as with the structure
    on your weblog. Is this a paid subject or did you modify it your self?
    Either way stay up the nice quality writing, it’s uncommon to peer a great
    weblog like this one these days..

  7. гороскопы совместимости верите ли вокзал для двоих таро как гадать совместимость рака и рака в процентах, рак и рак совместимость
    в дружбе
    диагностика на картах таро
    это, диагностика на таро расклад сонник собака сломала лапу, к чему снится разорванная собака

  8. Whats up this is somewhat of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code
    with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding expertise
    so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be enormously
    appreciated!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.