Press "Enter" to skip to content

‘Angklung Indonesia’ Menggetarkan Kota Miami, Florida

“Heal the World, Make it a better place, For you and for me, and the entire human race..”, demikian sebait lagu “Heal the World” nya Michael Jackson yang dinyanyikan Cynthia dan Julia dari group Angklung Indonesia. Diiringi oleh getaran suara bambu yang syahdu, seakan menyisakan rasa sedih membayangkan apa yang saat ini sedang terjadi di Ukraina.

Tak pelak lagi, ratusan penonton yang hadir di acara “the 31st Asian Culture Festival” serentak melambaikan kedua tangan mereka ke kiri dan ke kanan mengikuti alunan musik angklung Indonesia serta ikut menyanyi. Mereka seakan mengajak seluruh umat manusia di muka bumi ini untuk bersama ‘menyembuhkan’ dunia yang selama dua tahun terakhir ini ‘diamuk’ badai covid-19 pandemi. Bahkan, saat ini, sedang terjadi perang antara Ukraina melawan Rusia yang telah berlangsung selama hampir 2 minggu terakhir ini.

“The 31st Annual Asian Culture Festival” diselenggarakan 5 dan 6 Maret 2022 lalu, di Tropical Park, Miami, Florida, oleh Thai-American Association of South Florida. Selama dua hari festival tersebut telah dikunjungi ribuan masyarakat dari kota Miami dan sekitarnya.

Bahkan, Konsul Jenderal Republik Indonesia, Bapak Andre Omer Siregar, di Kota Houston, Texas, datang ke Miami untuk memberikan dukungan kepada para anggota Angklung Indonesia yang menjadi Duta Seni dan Budaya Indonesia di Florida ini.

Di dalam sambutannya, Bapak Siregar menekankan saat ini negara Indonesia semakin berkembang dan akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi nomor 4 di dunia. ”Kerjasama di bidang perdagangan, dan kerjasama bidang lainnya, semakin diperlukan dengan kota Miami yang merupakan hub bagi negara-negara di Amerika Selatan,” kata Bapak Siregar.

Acara ini juga dihadiri sejumlah pejabat Dade County, Miami, esperto  Walikota Daniella Levina Cava, Commissioner Jose ‘Pepe’ Diaz hingga beberapa Konsul Jenderal dan Duta Besar dari beberapa negara di Asia.

“Aku sampai tidak bisa tidur semalam, karena takut ditinggal rombongan Angklung Indonesia dari Tampa yang menempuh 4 jam perjalanan darat ke Miami,” ungkap Russell Deryl, mahasiswa Indonesia berumur 19 tahun dan berasal dari tanah Papua. ”Saya ingin tampil di depan Bapak Konjen dan pejabat-pejabat lainnya”, tambah Russell Deryl, anggota baru Angklung Indonesia yang saat ini sedang menempuh pendidikan S1 di University of South Florida di kota Tampa.

Angklung Indonesia adalah sebuah organisasi nirlaba berkedudukan di kota Tampa, Florida, dan sudah terdaftar resmi di negara bagian Florida sejak tanggal 13 September 2019. Organisatie ini bertujuan memperkenalkan dan mempromosikan angklung di seluruh pelosok Florida dan juga di kota-kota besar lainnya di Amerika Serikat.

Oleh: Dharma Datubara, Co-Founder and Executive Director of Angklung Indonesia Inc.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *