Press "Enter" to skip to content

Adu Pacu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan

Oleh: Abdul Arif

Semua lembaga survei kredibel (lembaga yang hasil surveinya terbukti jarang meleset) menempatkan tiga nama sebagai pemuncak elektabilitas calon presiden RI 2024. Ketiganya adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subiyanto dan Anies Baswedan.

Tanpa bermaksud mengecilkan tokoh-tokoh lain berikut ini analisa peluang masing-masing.

1. Ganjar Pranowo.

Daya tarik utama Ganjar adalah latar belakang sosial politiknya. Dia berasal dari kombinasi Jawa-Islam-Abangan yang secara populatif merupakan mayoritas pemilih di negeri ini. Nilai lebih ini ditambah dengan fakta bahwa dia kader PDIP, partai politik pemenang Pemilu dan Pilpres dua periode terakhir berturut-turut. Kombinasi dari semuanya menempatkan Gubernur Jawa Tengah ini sebagai salah satu calon unggulan pada pilpres mendatang.

Sayangnya, Ganjar belum mendapat lampu hijau dari partainya sendiri. Megawati Soekartoputri sebagai pemilik hak prerogatif penentu nama capres dari PDIP belum memberikan restunya kepada pria asli Kebumen ini. Ada banyak spekulasi berkembang di sekitar Mega terkait restu ini. Sebagian mengatakan Presiden RI ke-5 itu ingin mengorbitkan salah satu anaknya, entah Puan Maharani atau kakaknya Prananda, sebagai capres atau cawapres. Sebagian lagi menyebutkan, Mega trauma dengan menunjuk “orang lain” sebagai capres setelah merasa “ditinggal” Jokowi, orang yang dua kali dia tunjuk-usung-dukung menjadi Presiden RI.

Bukan rahasia umum hubungan PDIP dengan Jokowi saat ini tidak sedang baik-baik saja. Perbedaan tajam tentang wacana perpanjangan jabatan Jokowi dan penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode antara Mega-PDIP dengan para “loyalis” Jokowi mengindikasikan dinamika hubungan itu. Patut diduga, Mega dan PDIP tidak nyaman dengan dominasi Luhut Binsar Pandjaitan cs yang notabene kader Partai Golkar dalam penentuan kebijakan-kebijakan Jokowi. Seakan keluarga besar PDIP “diduakan” dalam pengambilan keputusan-keputusan penting pemerintahan.

Namun ada pula yang menduga, dinamika hubungan Ganjar-PDIP itu merupakan skenario yang disengaja oleh keduanya. Dengan tujuan munculkan kesan seolah Ganjar “dikuyo-kuyo” partainya sendiri sehingga memicu simpati publik. Kemudian ketika elektabilitasnya dinilai mencukupi, Mega memberikan restu pencapesan kepada Ganjar Pranowo. Dugaan terakhir ini memiliki argumentasi cukup kuat yakni kenyataan bahwa PDIP dan Ganjar saling membutuhkan: PDIP butuh capres dengan elektabilitas mumpuni dan Ganjar tentu saja butuh kendaraan parpol. Jika keduanya berpisah maka akan sama-sama rugi.

2. Prabowo Subiyanto

Sebagian publik menduga selepas kekalahannya pada Pilpres 2019 dan kesediaannya masuk pada kabinet Jokowi maka obsesi Prabowo untuk maju kembali di Pilpres 2024 telah sirna. Namun dugaan itu ternyata keliru. Prabowo menyiratkan sedang berancang-ancang untuk kembali maju pada Pilpres mendatang.

Tiga kali kekalahan sejak pilpres 2009 hingga 2019 tak menjerakan mantan komandan Kopassus TNI ini. Semangat Prabowo ini mungkin antara lain karena dimotivasi oleh hasil survei-survei mutakhir yang mengabarkan bahwa elektabilitas mantan menantu Soeharto itu masih moncer. Itu tanda bahwa Prabowo memiliki pendukung loyal meski saat ini menjadi pembantu Jokowi (sosok yang mengalahkannya di dua pilpres terakhir).

Sebagai ketua umum Partai Gerindra Prabowo punya bekal dukungan parpol walau belum mencukupi ambang batas pencalonan presiden yakni 20% kursi DPR RI. Setidaknya dia telah memiliki sebagian tiket itu. Dengan mengajak satu atau dua parpol lain dia bisa melenggang kembali di pencalonan presiden mendatang.

Hambatan utama Prabowo ada pada dua hal: Pertama, rekam jejaknya sebagai penculik aktivis mahasiswa yang menumbuhkan resistensi di kalangan para penggiat demokrasi dan, Kedua, kenyataan bahwa saat ini dia bukan lagi menjadi simbol kekuatan oposisi.

Keberhasilan Prabowo meyakinkan kalangan prodem tentang komitmennya terhadap demokrasi akan memecahkan masalah pertama. Sedangkan kepandaian dia berselancar di antara para pendukung Jokowi dan oposisi akan memberinya kekuatan untuk menambah basis dukungan tanpa kehilangan loyalitas dari para pendukung setianya.

3. Anies Baswedan

Walau menduduki jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta saat ini (struktur pemerintahan di bawah Kemendagri dan Presiden dalam hirarkhi pemerintahan) namun Anies adalah simbol kekuatan oposisi. Oleh kalangan yang kontra Presiden Jokowi Anies digadang sebagai tokoh yang diharapkan bisa tampil sebagai presiden dan kemudian mengoreksi kebijakan-kebijakan Jokowi yang mereka nilai keliru.

Jika dilihat spektrum pendukung Anies saat ini maka kita akan bertemu dengan para “musuh politik” Jokowi sejak 2014: kalangan Islam Kanan. “Perjumpaan politik” antara Anies dengan kelompok ini terjadi pada momentum Pilgub DKI 2017. Saat itu kelompok Islam Kanan ini tengah mencari sosok yang bisa mengalahkan Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) di Pilgub dan mereka mendapati Anies sebagai sosok itu. Anies sendiri secara ideologis tidak bisa digolongkan “kanan” karena rekam jejaknya menunjukkan bahwa mantan Rektor Universitas Paramadina ini beraliran nasionalis atau paling jauh Islam modernis, sebagaimana Nurkholish Madjid, guru ideologisnya.

Tapi, kecanggihan politik Anies mampu meyakinkan kalangan Islam Kanan untuk mendukungnya. Dengan demikian mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini telah memiliki bekal dukungan pemilih. Andai dia bisa merajut kekuatan-kekuatan lain di luar kelompok Islam Kanan maka kekuatan politiknya akan sangat diperhitungkan.

Repotnya, pada saat bersamaan sosoknya yang identik dengan “Islam garis keras” ini memantik resistensi dari kalangan lain, utamanya kaum nasionalis dan Islam tradisional. Kepandaian Anies untuk merangkul dua kelompok ini akan sangat menentukan kesuksesannya pada Pilpres 2024 mendatang. Selain keberhasilnya mendapatkan partai-partai pengusung pencalonannya sebagai capres.

****

Abdul Arif

Ketatnya persaingan antara ketiga nama di atas menyulitkan siapa pun untuk memprediksi hasil Pilpres 2024. Kemenangan capres kemungkinan akan ditentukan oleh tiga hal:

1. Figur cawapres yang “menambal” kekurangan capres sekaligus membawa segmen pendukung baru; 2. Parpol pengusung yang menjadi mesin penggerak pemenangan; dan, 3. Logistik yang akan membuat sesuatu yang tidak logis menjadi “logis”.

* Abdul Arif: S2 ilmu politik Universitas Nasional Jakarta. Mengajar di Universitas Sains Alquran Wonosobo, Jawa Tengah.

5 Comments

  1. crotamiton zonder voorschrift betrouwbaar online kopen
    crotamiton zonder doktersadvies online te koop Bestel eurax zonder recept en ervaar directe verlichting.

    veilige online aankoop van crotamiton Koop eurax online voor snelle verlichting.

    Aankoop van crotamiton online in Antwerpen,
    België Bestel crotamiton zonder recept in Arnhem –
    snelle verzending!
    crotamiton kopen zonder gedoe indicatie van eurax te koop in België
    eurax zonder voorschrift gemakkelijk verkrijgbaar
    in Nederland
    prijzen van crotamiton zonder voorschrift
    Online apotheek voor crotamiton in Rotterdam
    Koop crotamiton online in Assen – bestel nu en ontvang snel.
    Waar crotamiton zonder medisch advies te verkrijgen
    Betrouwbare leveranciers van crotamiton zonder voorschrift Online apotheek
    voor crotamiton in Tilburg
    crotamiton aanbiedingen en promoties in Nederland
    eurax: Veiligheid en effectiviteit
    eurax korting in Nederland
    eurax met medisch voorschrift Ontdek hoe u crotamiton online kunt kopen zonder gedoe
    crotamiton beschikbaar zonder voorschrift in Spanje
    crotamiton kopen zonder recept in Nederland
    aankoop van crotamiton in Duitsland aankoop van crotamiton online in België
    crotamiton bestellen zonder recept

  2. prochlorperazine sans ordonnance Luxembourg Achat facile de prochlorperazine en ligne
    Garantie de satisfaction pour votre prochlorperazine prochlorperazine en pharmacie avec livraison rapide
    achat de somnifères à base de compazine prochlorperazine sur
    ordonnance médicale
    Acheter compazine en ligne en toute confidentialité Achat
    facile de prochlorperazine en France
    prochlorperazine authentique et fiable
    prochlorperazine authentique disponible sans
    ordonnance en ligne
    compazine : Avantages et inconvénients compazine en ligne : guide pratique pour les acheteurs en ligne
    prochlorperazine : indications et posologie chez les personnes âgées prix compazine
    Maroc
    Pharmacies en ligne réputées proposant prochlorperazine en France Livraison discrète
    de prochlorperazine
    compazine sans effets indésirables Conseils pour acheter prochlorperazine en ligne en toute sécurité en France
    compazine : Conseils pour l’achat sécurisé en ligne
    prochlorperazine en vente libre dans certaines villes françaises
    Acheter prochlorperazine en ligne en toute confidentialité
    prix du prochlorperazine en belgique Achetez votre compazine en toute confiance
    Acheter prochlorperazine en ligne en toute sécurité en Suisse prochlorperazine de
    qualité supérieure en ligne
    Prix abordables pour la prochlorperazine en France indication du compazine en vente au Maroc
    prochlorperazine à vendre en ligne avec service clientèle de qualité en France prochlorperazine en ligne sans souci
    Achetez votre prochlorperazine en ligne avec une expédition rapide compazine en ligne :
    mythes et réalités
    Commandez votre compazine en ligne 24/7
    compazine authentique et sûre en Belgique prochlorperazine :
    effets indésirables à surveiller pendant le traitement
    compazine sans ordonnance en France
    Acheter de la prochlorperazine sans prescription en France
    Options de dosage variées pour la prochlorperazine

  3. Hey would you mind stating which blog platform you’re using?
    I’m planning to start my own blog in the near future but I’m having a difficult time choosing between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.

    The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I’m looking for
    something unique. P.S My apologies for
    getting off-topic but I had to ask!

  4. Do you have a spam issue on this website; I also am a blogger, and I was wondering your situation; many of us have created some nice procedures and we are looking to exchange
    solutions with others, be sure to shoot me an email if interested.

  5. Hey there, I think your site might be having browser compatibility issues.
    When I look at your website in Ie, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.
    I just wanted to give you a quick heads up!
    Other then that, superb blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mission News Theme by Compete Themes.