Saturday, September 23, 2017
Home > Achievement > Presiden Obama Pidato di University of Chicago Senin besok

Presiden Obama Pidato di University of Chicago Senin besok

Barrack Obama direncanakan akan berpidato di Unversitas Chicago Senin (24/4/2017) bersama sejumlah pemimpin muda dan melakukan dialog dengan komunitas setempat di Logan Center for Art.

Chicago Tribune melaporkan, kantor Obama mengumumkan rencana tersebut Jumat (21/4/2017). ‘’Ratusan orang yang hadir dalam acara itu, dipilih dari kawasan sekitar universitas,’’ ujar Kevin Lewis, jurubicara Obama. Sementara, ada enam kawula muda akan tampil berdiskusi di podium bersama bekas presiden AS sekitar pukul 11.00 siang. ‘’Diskusi dengan para mahasiswa, akan memberikan kesempatan bagi Obama untuk melibatkan diri dan bekerja dengan para pemimpin generasi berikutnya,’’ tutur Lewis.

Tidak seperti acara 15 Februari lalu, yang digelar diam-diam, tim Obama mengumumkan acara kali ini dengan mengundang sejumlah pembicara. Mulai dari murid SLTA, mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi lainnya. ‘’Mereka dipilih dari kawasan Chicago,’’ ujar Kevin Lewis tanpa menyebut nama-nama mereka. Tidak ada tiket yang diedarkan ke khalayak umum, namun acara tersebut bisa disaksikan lewat televisi. Bekas ibu negara Michelle Obama tidak ikut serta dalam acara ini.

Walikota Chicago, Rahm Emanuel menyambut gembira kedatangan bekas bosnya itu. Emanuel yang pernah menjabat kepala staf Gedung Putih di masa Obama menyatakan bangga. ‘’Sebelum mengakhiri jabatannya sebagai presiden, beliau berpidato di Chicago. Kini, setelah menjadi presiden, beliau memilih pidato di Chicago,’’ kata Rahm Emanuel. ‘’Hal itu mencerminkan komitmen intelektual dan emosionalnya terhadap kota ini sebagai tempat tinggalnya,’’ sambung Walikota Chicago itu.




Setelah pensiun dari kursi kepresidenan, Obama menulis memoirnya sambil menghabiskan liburan bersama istrinya di sejumlah tempat di luar negeri. Obama dikabarkan berlibur hingga Tetiaroa, sebuah gugusan pulau Prancis Polynesia yang pernah dimiliki bintang film Marlon Brando. Pada 7 Mei mendatang, Obama akan ke Boston, Massachussetts untuk menerima John F. Kennedy in Courage Award, sebuah penghargaan satu abad, bertepatan dengan ulang tahun John F. Kennedy ke-100.